Bima Arya Positif Virus Corona, Dedie Rachim Jadi Plt Wali Kota Bogor

BAGIKAN

Staf Khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kastorius Sinaga mengatakan, peran Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan digantikan sementara oleh Wakilnya, Dedie A Rachim.

Kastorius menjelaskan, berdasarkan Pasal 65 UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, jika kondisi kepala daerah berhalangan menjalankan tugas, kepala daerah tersebut dapat menunjuk wakil wali kota sebagai pelaksana tugas (Plt) wali kota.

"Untuk menjalankan tugas dan kewenangan wali kota baik secara parsial maupun secara keseluruhan. Ini untuk menjaga agar fungsi pemerintahan dan pelayanan masyarakat tetap berlangsung seperti biasa," kata Kastorius dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Jumat (20/3).

Baca Juga: Wali Kota Bogor Bima Arya Kena Virus Corona usai Pulang dari Turki

1. Mendagri apresiasi langkah yang dilakukan Bima Arya

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengimbau seluruh jajaran aparatur di Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah, menghentikan pertemuan yang melibatkan banyak orang.

"Ini untuk mencegah dan melindungi warga masyarakat dari risiko penularan COVID-19," ucapnya.

Dia juga mengapresiasi langkah Bima, yang sukarela dan terbuka kepada publik bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona COVID-19. Sikap terbuka itu, kata Tito, bisa membuat masyarakat memahami pentingnya mengambil tindakan social distancing atau jaga jarak.


"Dan juga pentingnya upaya memperkuat ketahanan tubuh (immune system) masing-masing sebagai langkah pertama yang penting menangkal COVID-19," jelasnya.

2. Keterbukaan kepada publik bisa menghambat penularan COVID-19

Lebih lanjut, Tito mendoakan agar Bima dan seluruh masyarakat Indonesia yang terpapar virus corona bisa pulih kembali. Menurutnya, mereka yang positif COVID-19 dan mau mengumumkan ke publik, bisa mencegah efek penularan lebih lanjut.

"Artinya kesadaran keterbukaan ke publik atas status positif COVID-19 dapat menghambat penularan, termasuk lewat orang-orang yang sebelumnya berinteraksi dengan yang bersangkutan," ujar mantan Kapolri ini.

3. Bima menjalankan isolasi di RSUD Bogor

Walaupun positif virus corona, Bima mengaku tidak merasakan gejala yang signifikan. Bahkan, ia hanya mengalami batuk ringan saja.

"Saya dinyatakan positif (virus corona) tentu walaupun tidak ada gejala-gejala yang signifikan hanya batuk-batuk kecil," ujar Bima melalui unggahan video di akun resmi Instagramnya, @bimaaryasugiarto, Jumat (20/3).

Meskipun hanya mengalami batuk-batuk ringan, Bima tetap menjalankan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku. Salah satu prosedur utama yang dia jalankan adalah isolasi diri.

Ia juga menaruh kepercayaan penuh kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor untuk merawatnya selama masa isolasi.

"Saya memutuskan untuk tetap mengikuti semua protokol dan prosedur menjalani isolasi diri dan percaya sepenuhnya kepada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bogor," tuturnya.

Di dalam video tersebut, Bima terlihat dalam kondisi yang baik-baik saja. Ia berpesan kepada seluruh warga Bogor untuk senantiasa menjaga kesehatan serta berhati-hati dengan virus yang telah membunuh 9.000 orang tersebut.

"Jaga jarak dan jaga diri, tidak usah bepergian apabila tidak mendesak," imbaunya.

4. Penanganan virus corona di Bogor diserahkan kepada wakilnya

Bima mempercayakan penanganan penyebaran virus corona di wilayah Kota Bogor kepada Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, beserta jajaran Pemerintah Kota Bogor lainnya.

Lalu, Bima meminta seluruh warga Kota Bogor optimistis di tengah-tengah wabah virus corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

Di detik-detik akhir video, Bima meminta doa kepada seluruh masyarakat agar dirinya bisa segera sembuh. Sebab, walaupun gejala yang dirasakan minim, Bima mengatakan, kondisinya sekarang adalah salah satu cobaan untuk dia dan keluarga.

"Saya juga mendukung, mendoakan untuk para warga Kota Bogor agar selalu diberikan kesehatan oleh Allah," tutur Bima.

Sumber: idntimes

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1087,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,143,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,241,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Bima Arya Positif Virus Corona, Dedie Rachim Jadi Plt Wali Kota Bogor
Bima Arya Positif Virus Corona, Dedie Rachim Jadi Plt Wali Kota Bogor
https://1.bp.blogspot.com/-iqhIopq0RoE/XnRku31jArI/AAAAAAAAEsA/h39pPZK5FrAqcGnkunygjvCOkGktrn4PACLcBGAsYHQ/s640/Wakil-Walikota-Bogor-Dedie-Rahim-adi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iqhIopq0RoE/XnRku31jArI/AAAAAAAAEsA/h39pPZK5FrAqcGnkunygjvCOkGktrn4PACLcBGAsYHQ/s72-c/Wakil-Walikota-Bogor-Dedie-Rahim-adi.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/03/bima-arya-positif-virus-corona-dedie.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/03/bima-arya-positif-virus-corona-dedie.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin