Jam Operasi Mal Dibatasi Untuk Antisipasi Corona

Pusat-pusat perbelanjaan atau mal di Jabodetabek diminta mengantisipasi penyebaran virus corona dengan membatasi jam operasi hingga ada yang menutup sementara.

Kota Bogor misalnya, makin mengetatkan kewaspadaan dalam pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19). Mulai Senin (23/3) hingga awal April, pemerintah kota Bogor membatasi jam operasional untuk sejumlah tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dan toko swalayan.

Kebijakan tersebut diatur Dalam instruksi Wali Kota Bogor Nomor 500/75 Hukham tahun 2020 tentang Pembatasan Jam Operasional Pertokoan, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan di Kota Bogor dalam Upaya Kewaspadaan Pencegahan Penyebaran Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di Kota Bogor tahun 2020.

Di dalamnya terdiri dari 4 poin yang mengatur pembatasan jam operasional. Yakni untuk pusat perbelanjaan dan toko swalayan mulai pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sedangkan pertokoan di luar pusat perbelanjaan mulai pukul 09.00 WIB hingga maksimal 17.00 WIB. Namun ada juga pengecualian.

"Pembatasan operasional ini tidak berlaku untuk apotik, toko yang menjual obat dan kesehatan," tulis poin ketiga dalam instruksi tersebut.

Instruksi ini berlaku mulai Senin (23/3) hingga 2 April 2020 mendatang.

Di Jakarta, pusat perbelanjaan juga sudah antisipasi. Pusat Perbelanjaan Plaza Indonesia memutuskan untuk tutup sementara waktu. Mal bergengsi itu akan tutup 25 Maret 2020 hingga 3 April 2020. Keputusan ini diambil guna mengantisipasi masih adanya pandemi COVID-19 di Jakarta.

Analra Stella Kohdong General Manager Tenant Comm. Relations, Customer Service & SQA PT. Plaza Indonesia Realty, Tbk mengatakan bahwa kesehatan dan keamanan area kompleks, Tenants & Staff, Komunitas dan Customer adalah prioritas utama.

Kondisi serupa juga terjadi dengan pusat-pusat perbelanjaan dan toko ritel lainnya di Jakarta dan wilayah lainnya. Misalnya Lippo Malls juga mengubah jam operasional yang diberlakukan di 30 mal yang dinaungi dan berlokasi di Jabodetabek, Bandung, Bali, dan juga Manado disampaikan dengan rincian sebagai berikut:

Senin - Kamis buka 11.00 s/d 20.00 (waktu setempat) atau cuma 7 jam, Jumat buka 11.00 s/d 21.00 (waktu setempat), Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional buka 10.00 s/d 22.00 (waktu setempat).

Sumber: CNBC

0 Komentar