Menolak Dirawat di RS, Ibu Positif Corona di Bogor Malah Berobat ke Dukun

BAGIKAN

Seorang ibu di Kabupaten Bogor positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Pasien sempat menolak dirawat di rumah sakit (RS).

Ketua Tim Gugus Tugas COVID-19 Puskesmas Sukamakmur, Teguh Yudiana, mengatakan pasien asal Jonggol, E (42), terkonfirmasi positif virus Corona dari hasil rapid test pada Kamis (7/5/2020). Pihak RS pun langsung menyarankan agar E dirawat.

Teguh mengungkapkan, ibu ini menolak untuk dirawat dan memilih pulang ke rumah. Lalu keesokan harinya, hasil swab test E keluar dan ibu ini dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Pihak RS pun segera menghubungi E agar dirawat. Namun, lanjutnya, ibu ini tidak mau dirawat. Petugas kesehatan pun langsung menuju rumah E untuk dijemput agar E dirawat di RS. Namun saat itu ibu dan keluarganya tidak berada di rumah.

"Tidak kooperatif keluarganya. Ke mana (perginya ibu dan keluarganya) nggak tau tuh. Ditelusuri tuh (dari) Jumat sore sampai Sabtu pagi ditelusuri, nggak ada. Katanya ada kabar berobat ke alternatif. Iya berobat alternatif katanya di daerah Sukamakmur. Saya dapat infonya dari relawan COVID Jonggol," kata Teguh, ketika dihubungi, Selasa (12/5/2020).

Teguh menambahkan petugas medis langsung melakukan penelusuran. Selanjutnya pada Senin (11/5), diketahui bahwa pasien positif COVID-19 dan keluarganya berada di Legok Nyenang, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur. Tim medis langsung menjemput pasien tersebut.

"Senin dijemput. Sudah dirawat di sana 2 malam, 2 hari 2 malam. Katanya nggak ada perkembangan kalau (dirawat) di rumah sakit, gitu. Dijemput di sana, kasih penyuluhan supaya nurut, si ibu harus ikut, kita bawa ke RS COVID-19 di RSUD Cileungsi," terangnya.

Saat menjalani perawatan di tempat alternatif, E bersama 4 orang pasien lainnya. Sang dukun disebut tidak mengetahui kalau E positif terinfeksi virus Corona.

"(Dukun mengira E terkena) penyakit TBC apa katanya, penyakit TBC. Jadi (E saat dirawat di pengobatan alternatif) di situ hanya diurut, diurut, gitu," kata dia.

Teguh mengungkapkan E, suaminya, dan anaknya dibawa ke RSUD Cileungsi. Suami dan anak E yang telah berstatus orang dalam pemantauan (ODP), melakukan isolasi mandiri.

Sedangkan sang dukun berserta 4 pasiennya juga melakukan isolasi mandiri karena menjadi ODP. Teguh mengatakan kediaman sang dukun telah disemprot disinfektan.

"Ada 4 (orang) yang masih perawatan dukun itu, yang dalam perawatan alternatif itu ada sekitar 4 orang. 5 orang sama si ibu. Kurang lebih 13 orang yang di-tracking tadi," jelas Teguh.

Sumber: detik

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1082,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,142,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,239,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Menolak Dirawat di RS, Ibu Positif Corona di Bogor Malah Berobat ke Dukun
Menolak Dirawat di RS, Ibu Positif Corona di Bogor Malah Berobat ke Dukun
https://1.bp.blogspot.com/-jxmAVYWf1wE/XruNwkVeMSI/AAAAAAAAE8U/bdqel7QosY4zIZhn6jaLtH5eU3bVdwlMwCK4BGAsYHg/w640-h362/ibu-kena-corona-periksa-ke-dukun.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-jxmAVYWf1wE/XruNwkVeMSI/AAAAAAAAE8U/bdqel7QosY4zIZhn6jaLtH5eU3bVdwlMwCK4BGAsYHg/s72-w640-c-h362/ibu-kena-corona-periksa-ke-dukun.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/05/menolak-dirawat-di-rs-ibu-positif.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/05/menolak-dirawat-di-rs-ibu-positif.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin