Petugas Buru Penyebar Hoax Pembebasan 2000 Napi di Bogor

BAGIKAN


Masyarakat dibikin ketautan dengan menyebarnya kabar pembebasan ribuan nara pidana di Bogor. Kabar tak sedap itu beredar luas di media sosial yang menyebutkan pembebasan narapidana secara besar – besaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas). Kondisi ini juga yang dialami Lapas Kelas IIA Bogor atau yang familiar disebut Lapas Paledang.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bogor, Teguh Wibowo mengaku pihaknya sempat menelaah akan kabar tersebut. Pasalnya, dalam kabar yang beredar itu menyebut bahwa dua lapas yakni Lapas Paledang dan Lapas Pondok Rajeg di Kabupaten Bogor akan membebaskan 2.800 narapidana (napi).

Hal itu kemudian sangat disayangkan Teguh. Ia menyangkal bahwa kabar yang menyebar tersebut tak sesuai dengan fakta dan data sebenarnya. Bahwa saat ini saja, jumlah narapidana di Lapas Paledang hanya ada 744 orang. Sehingga bagaimana mungkin, Lapas Paledang mengeluarkan narapidana sebanyak itu.

“Jumlah narapidana di kami itu hanya 744. Kalau yang dilepaskan 2.800, saya jamin itu pasti tidak benar. Silahkan saja dicek langsung, kita siap terbuka kepada semuanya,” jawab Teguh menanggapi.

Teguh menegaskan, dalam periode 6 dan 7 Mei kemarin, Lapas Kelas II A Paledang Kota Bogor, sama sekali tidak melaksanakan pembebasan kepada narapidana, melalui program integrasi dan asimilasi seperti Keputusan Menteri Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020.

“Malah kemarin itu hanya 69 narapidana yang mendapatkan program integrasi dan asimilasi, atau proses pembinaan warga binaan, dengan membaurkan narapidana dalam kehidupan masyarakat seperti sediakala. Tidak sampai ribuan seperti kabar tidak jelas itu,” tegasnya.

Orang nomor wahid pada Lapas Kelas II A Paledang Kota Bogor ini juga meminta kepada masyarakat untuk tidak panik, dan mempercayai kabar hoax tersebut. Lantaran kabar yang beredar itu, sama sekali tidak benar dan cenderung hanya ingin menimbulkan kepanikan semata.

“Jadi saya tegaskan kalau kabar tersebut tidak benar atau hoax. Saya yakin masyarakat kita sudah cerdas, bisa tahu mana yang benar dan yang tidak. Intinya masyarakat jangan takut, khawatir dan jangan mau termakan kabar yang tidak benar ini,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Keamanan Lapas Kelas II A Paledang Kota Bogor, Rahmad Mintarja. Ia sangat menyayangkan tindakan tidak terpuji oknum, yang menyebarkan informasi tidak benar tersebut, terlebih pada kondisi pandemi covid-19.

Rahmad juga mengaku, saat ini pihak berwenang tengah menelusuri siapa oknum yang tega menyebarkan informasi tidak benar tersebut. Ia berharap, agar pihak berwenang dapat sesegera mungkin menindak tegas pelaku penyebar hoax ini, lantaran sudah mencoreng nama baik lapas.

“Pihak berwajib saat ini sedang menelusuri oknumnya, karena tidak menutup kemungkinan masyarakat yang tidak tahu apa-apa bisa menjadi gelisah karena informasi tidak benar ini. Apalagi hoax ini secara tidak langsung sudah mencoreng nama baik institusi lapas. Tentu kami harap pelaku bisa ditindak sesuai hukum yang berlaku,” tutupnya.

Sumber : Radar Bogor

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,57,Berita,918,Budaya,13,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,114,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,189,Kriminal,60,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,66,Pemkot,8,Pengumuman,38,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Petugas Buru Penyebar Hoax Pembebasan 2000 Napi di Bogor
Petugas Buru Penyebar Hoax Pembebasan 2000 Napi di Bogor
https://1.bp.blogspot.com/-wFpg3pAufbc/XrTOLic7PVI/AAAAAAAAMLE/khPp-FVqYkEcIAWRvWXxv2z01bfus7eIQCLcBGAsYHQ/s1600/ilustrasi-hoax-dan-hate-speech.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wFpg3pAufbc/XrTOLic7PVI/AAAAAAAAMLE/khPp-FVqYkEcIAWRvWXxv2z01bfus7eIQCLcBGAsYHQ/s72-c/ilustrasi-hoax-dan-hate-speech.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/05/petugas-buru-penyebar-hoax-pembebasan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/05/petugas-buru-penyebar-hoax-pembebasan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin