Taman Safari Indonesia Ungkap Siap Kembali Beroperasi: Masih Menunggu Izin Pemerintah



Bogor, 28 Mei 2020: Jansen Manansang, Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) mengungkapkan bahwa TSI siap untuk kembali beroperasi setelah mendapatkan izin dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Kami menunggu dari pemerintah, kami dengar Pemerintah (Kabupaten) Bogor Juni ini sudah mulai melonggarkan, tentu kami akan ikuti protokol kesehatan dari pemerintah,” ujarnya pada Kamis (28/5/2020).

Akan tetapi, Jansen mengaku bahwa dirinya masih belum tahu pasti kapan Pemkab Bogor akan mencabut pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tersebut. 

Meski begitu, TSI sudah mempersiapkan sejumlah program sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 untuk diterapkan setelah kembali mengantongi izin operasional.

“Kita sudah bikin program, begitu (pengunjung) masuk, kita cuci kendaraannya, pakai masker, lalu mereka kan satu mobil satu mobil, bisa berkeliling tanpa ada gangguan,” terangnya.

Jansen menegaskan bahwa sejak ditutupnya TSI di awal penerapan PSBB lalu pihaknya tetap melaksanakan kewajibannya untuk merawat dan menyelamatkan satwa sesuai dengan kaidah-kaidah kesejahteraan satwa. Dirinya mengakui bahwa sulit untuk memelihara satwa tanpa mendapatkan pemasukan dari tiket pengunjung karena dalam sehari TSI dapat menghabiskan dana sekitar RP50 juta untuk membeli 700 Kg daging dan berbagai jenis sayuran sebagai pakan satwa. 

Berkat pelaksanaan kaidah-kaidah kesejahteraan satwa tersebut, terbukti satwa-satwa TSI dapat tetap berkembang biak dengan baik meski di tengah pandemi Covid-19. Seperti seekor gajah yang belum genap sebulan melahirkan anak yang kemudian diberi nama Covid. TSI mencatat terdapat sejumlah satwa lain yang lahir di masa pandemi ini, yaitu 12 ekor komodo, satu ekor burung kasturi raja, dua ekor zebra, dan dua ekor genu.

“Kami untuk membantu pemerintah, karena kami betul-betul merawat satwa ini bertanggung jawab pada kelestarian alam di Indonesia,” tukas Jansen.


Editor: Nala Nabila
Foto: bogorkab.go.id

0 Komentar