Bogor akan Miliki 2 Kebun Raya

BAGIKAN


Bogor, 24 Juni 2020 - Kebun Raya Bogor yang melegenda masih tetap menjadi tujuan wisata, terutama bagi mereka yang berdomisili dari luar Kota Bogor. Nah, bagaimana jika Kebun Raya Bogor akan ditambah? Bogor akan miliki dua kebun raya sesegera mungkin. Kabar gembira ini muncul dari wacana yang sudah dibahas oleh pemerintah Kota Bogor, beserta dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Rencana Pembangunan Kebun Raya Bogor 2

Lalu, dimana rencana pembangunan dari Kebun Raya Bogor yang kedua? Menurut Dedie A Rachim, Wakil Walikota Bogor, pembangunan kebun raya akan dilakukan di lahan seluas 52 hektar milik Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Lahan ini terletak di  Kecamatan Bogor Barat, tepatnya di Center for International Forestry Research. Rencananya, pembangunan ini juga dilakukan seiring dengan proses revitalisasi kawasan Situ Gede. Revitalisasi ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).
Selama ini, kawasan Situ Gede masih belum terlalu mendapat perhatian. Saat kawasan ini direvitalisasi nantinya sekalian dengan pembangunan kebun raya. Hal ini akan memudahkan pembangunan infrastruktur serta beberapa sarana yang dianggap perlu untuk melengkapi Situ Gede dan Kebun Raya Bogor 2.

Kebun Raya Bogor 2 Kembang Biak Ulat Sutra

Kebun Raya Bogor 2 rencananya juga akan menjadi lahan pengembangbiakan ternak ulat sutra. Alasannya adalah banyaknya tanaman blueberry yang merupakan makanan utama dari hewan ini. Menurut Dedie, rencana ini justru nanti akan lebih mudah diterapkan. Proses yang butuh waktu cukup lama adalah proses penataan dari Terminal Bubulak hingga Jalan Raya Cifor. Proses penataan termasuk penertiban PKL serta perbaikan alur trotoar serta taman-taman yang ada di sekitarnya.
Perbaikan jalan raya sekaligus infrastruktur di sekitar Situ Gede dan Cifor harus benar-benar diperhatikan. Perbaikan jalan tentu hanya berfokus pada jalan yang saat ini statusnya merupakan kepemilikan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Jalan raya tersebut juga tidak terlalu panjang, hanya kurang lebih 2km dari jalan poros.
Bagaimana dengan rencana pengembangan dari Kebun Raya Bogor 2? Tentu, secara fungsional, Kebun Raya Bogor masih memiliki kesamaan dengan Kebun Raya Bogor.  Jika ada penambahan fasilitas atau sarana, masih belum direncanakan. Kebun Raya Bogor 2 ini akan tetap memiliki fasilitas untuk wisata, sekaligus laboratorium untuk riset.
[next]

Optimalisasi Jalan Raya

Pengembangan Kebun Raya Bogor 2 ini, menurut Dedie, merupakan kolaborasi dari daerah Situ Gede. Selama ini, Situ Gede juga merupakan kawasan wisata sekaligus hutan milik Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Bogor. Selama ini, Situ Gede juga menjadi tujuan wisata warga untuk sekedar berjalan-jalan atau naik perahu dan memancing. Dedie menganggap bahwa pengembangan Situ Gede menjadi Kebun Raya Bogor 2 pas, karena warga juga sudah mengenal kawasan ini dengan baik. Sarana untuk penelitian juga sudah cukup lengkap, meski nantinya tetap akan ada penambahan fasilitas.
 Terkait dengan perbaikan jalan, Samidi sebagai Kepala Biro Umum KLHK masih harus melakukan penyesuaian dengan tata cara pengelolaan aset negara. Tentu, yang berwenang adalah Kementerian Keuangan.  Pengelolaan aset milik negara sepenuhnya adalah hak dari Kemenkeu, dan KLHK hanya sebatas sebagai pengguna.
Samidi mengatakan bahwa pihaknya akan segera memberikan laporan tentang rencana pengembangan Situ Gede dan Kebun Raya Bogor 2, sebagai langkah awal keseriusan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor, serta Provinsi Jawa Barat. Setelah semuanya selesai, maka pengaturan ketertiban di sepanjang jalan Cifor akan segera diberlakukan.

Editor: Shara Nurrahmi

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1078,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,142,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,239,Kriminal,61,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Bogor akan Miliki 2 Kebun Raya
Bogor akan Miliki 2 Kebun Raya
https://1.bp.blogspot.com/-UoalP7OMVkU/XvLPlr4LbMI/AAAAAAAAANU/zn6SyT8HW2I0dJqMJwHCq8xwMVun4bJSACLcBGAsYHQ/s640/25.png
https://1.bp.blogspot.com/-UoalP7OMVkU/XvLPlr4LbMI/AAAAAAAAANU/zn6SyT8HW2I0dJqMJwHCq8xwMVun4bJSACLcBGAsYHQ/s72-c/25.png
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/06/bogor-akan-miliki-2-kebun-raya.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/06/bogor-akan-miliki-2-kebun-raya.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin