Masuk Tahun Ajaran Baru, Sekolah Bogor Belum Dibuka Kembali

BAGIKAN





Bogor 16 Juni 2020 - Terjawab sudah pertanyaan dari para orang tua yang ingin tahu apakah nanti buah hatinya akan melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka di awal tahun ajaran baru 2020-2021.

Pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk dibuka. Tetapi ini hanya berlaku untuk sekolah-sekolah di wilayah dengan zona hijau.

Kebijakan Menteri Pendidikan Tentang Tahun Ajaran Baru 2020-2021

Memang, proses tatap muka dalam pembelajaran hanya boleh dilakukan oleh satuan pendidikan yang terletak di kawasan Zona Hijau. Hanya saja, aktivitas sekolah dengan proses tatap muka, dapat dimulai paling cepat pada pertengahan bulan Juli 2020. Tepatnya tanggal 13 Juli, yang juga sejalan saat dimulainya tahun ajaran baru.

Respon Wakil Wali Kota Bogor

Tentu ada respon terkait dengan kebijaksanaan ini dari pemerintah kota Bogor, Dedie A Rachim, Wakil Wali Kota Bogor merespon hal ini secara positif. Ia mengatakan bahwa memang Kota Bogor merupakan wilayah dengan zona kuning.

 Apalagi, level waspada III merupakan peringatan dimana pembelajaran dengan proses tatap muka dilarang diberlakukan. Ia mengaku setuju dengan kebijaksanaan tersebut. Ia sepakat bahwa proses tatap muka dalam pembelajaran dapat dilakukan saat kondisi benar-benar aman.

Kabupaten Bogor Juga Merespon Positif

Respon positif juga diberikan oleh Kabupaten Bogor. Seperti yang diucapkan oleh Atis Tardiana, sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, semua sekolah di Kabupaten Bogor tidak akan memberlakukan proses tatap muka di awal tahun ajaran baru 2020-2021. Ia dan jajaran satuan pendidikan menuruti semua keputusan dari Kemendikbud.

Ketika ditemui pada Selasa, 16 Juni 2020, Atis mengatakan bahwa penyesuaian akan segera dilakukan apabila Kabupaten Bogor sudah berada pada zona hijau. Saat ini, menurut Atis, pembelajaran dari rumah adalah solusi terbaik.

Tentu saja, Atis selalu berharap bahwa Kabupaten Bogor dapat membaik kondisinya. Masih ada waktu kurang lebih satu bulan untuk dapat memulihkan kondisi Kabupaten Bogor, meski mungkin masih berat.
Atis mengatakan bahwa langkah yang dilakukan saat ini adalah fokus dulu pada Penerimaan Peserta Didik Baru. Ia mengatakan tidak akan ada perubahan dalam hal ini.

Jadwal Perkuliahan Online

Perkuliahan di Kota Bogor juga sama dengan sistem pendidikan dasar dan menengah. Semua proses pembelajaran masih akan dilakukan secara online. Institut Pertanian Bogor adalah salah satunya. Pandemi Covid-19 ini belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, sehingga IPB  menentukan penyelenggaraan proses belajar mengajar masih secara daring untuk Semester Ganjil 2020/2021.

Drajat Martianto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB membenarkan hal ini. Tentu pertimbangannya adalah Surat Edaran Mendikbud RI yang mengatur proses pembelajaran online dan bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19.

Sama halnya dengan program Vokasi dan juga program Doktor. Semua bentuk pembelajaran tersebut akan dilakukan secara online, untuk perkuliahan semester satu, tiga dan lima.

Drajat melanjutkan bahwa ada perkecualian, dimana program Pendidikan seperti Profesi Dokter Hewan, Dietisien dan Insinyur dapat dilaksanakan secara secara tatap muka pada 31 Agustus 2020. Tentu, pemberlakuan protokol protokol kesehatan sudah ditetapkan oleh Tim Crisis Center IPB.

Beberapa program pembelajaran sarjana  akan melakukan perkuliahan semester 7 secara online sampai selesai UTS. Tatap muka tetap dilakukan untuk praktikum, atau jenis pelatihan tertentu sesuai pembelajaran tiap program studi.

Sedangkan Pascasarjana Program Magister dan semester 4 hingga 5, yang mengambil Program Doktor tetap ada tatap muka untuk kegiatan praktikum atau pelatihan, sesuai protokol pencegahan virus corona. Drajat juga mengatakan bahwa program Masa Orientasi Sekolah juga dilakukan secara daring.

Editor: Shara Nurrahmi

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,57,Berita,907,Budaya,12,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,114,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,189,Kriminal,60,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,66,Pemkot,8,Pengumuman,38,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Masuk Tahun Ajaran Baru, Sekolah Bogor Belum Dibuka Kembali
Masuk Tahun Ajaran Baru, Sekolah Bogor Belum Dibuka Kembali
https://1.bp.blogspot.com/-vNqT_II4sFI/Xuhgtc1s2AI/AAAAAAAAALU/_s4ugUv3OqkMWKmDEuin9Gfkg-P8LRIygCLcBGAsYHQ/s640/17.png
https://1.bp.blogspot.com/-vNqT_II4sFI/Xuhgtc1s2AI/AAAAAAAAALU/_s4ugUv3OqkMWKmDEuin9Gfkg-P8LRIygCLcBGAsYHQ/s72-c/17.png
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/06/masuk-tahun-ajaran-baru-sekolah-bogor.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/06/masuk-tahun-ajaran-baru-sekolah-bogor.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin