Masuk Tahun Ajaran Baru, Sekolah Bogor Belum Dibuka Kembali





Bogor 16 Juni 2020 - Terjawab sudah pertanyaan dari para orang tua yang ingin tahu apakah nanti buah hatinya akan melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka di awal tahun ajaran baru 2020-2021.

Pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk dibuka. Tetapi ini hanya berlaku untuk sekolah-sekolah di wilayah dengan zona hijau.

Kebijakan Menteri Pendidikan Tentang Tahun Ajaran Baru 2020-2021

Memang, proses tatap muka dalam pembelajaran hanya boleh dilakukan oleh satuan pendidikan yang terletak di kawasan Zona Hijau. Hanya saja, aktivitas sekolah dengan proses tatap muka, dapat dimulai paling cepat pada pertengahan bulan Juli 2020. Tepatnya tanggal 13 Juli, yang juga sejalan saat dimulainya tahun ajaran baru.

Respon Wakil Wali Kota Bogor

Tentu ada respon terkait dengan kebijaksanaan ini dari pemerintah kota Bogor, Dedie A Rachim, Wakil Wali Kota Bogor merespon hal ini secara positif. Ia mengatakan bahwa memang Kota Bogor merupakan wilayah dengan zona kuning.

 Apalagi, level waspada III merupakan peringatan dimana pembelajaran dengan proses tatap muka dilarang diberlakukan. Ia mengaku setuju dengan kebijaksanaan tersebut. Ia sepakat bahwa proses tatap muka dalam pembelajaran dapat dilakukan saat kondisi benar-benar aman.

Kabupaten Bogor Juga Merespon Positif

Respon positif juga diberikan oleh Kabupaten Bogor. Seperti yang diucapkan oleh Atis Tardiana, sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, semua sekolah di Kabupaten Bogor tidak akan memberlakukan proses tatap muka di awal tahun ajaran baru 2020-2021. Ia dan jajaran satuan pendidikan menuruti semua keputusan dari Kemendikbud.

Ketika ditemui pada Selasa, 16 Juni 2020, Atis mengatakan bahwa penyesuaian akan segera dilakukan apabila Kabupaten Bogor sudah berada pada zona hijau. Saat ini, menurut Atis, pembelajaran dari rumah adalah solusi terbaik.

Tentu saja, Atis selalu berharap bahwa Kabupaten Bogor dapat membaik kondisinya. Masih ada waktu kurang lebih satu bulan untuk dapat memulihkan kondisi Kabupaten Bogor, meski mungkin masih berat.
Atis mengatakan bahwa langkah yang dilakukan saat ini adalah fokus dulu pada Penerimaan Peserta Didik Baru. Ia mengatakan tidak akan ada perubahan dalam hal ini.

Jadwal Perkuliahan Online

Perkuliahan di Kota Bogor juga sama dengan sistem pendidikan dasar dan menengah. Semua proses pembelajaran masih akan dilakukan secara online. Institut Pertanian Bogor adalah salah satunya. Pandemi Covid-19 ini belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, sehingga IPB  menentukan penyelenggaraan proses belajar mengajar masih secara daring untuk Semester Ganjil 2020/2021.

Drajat Martianto, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB membenarkan hal ini. Tentu pertimbangannya adalah Surat Edaran Mendikbud RI yang mengatur proses pembelajaran online dan bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19.

Sama halnya dengan program Vokasi dan juga program Doktor. Semua bentuk pembelajaran tersebut akan dilakukan secara online, untuk perkuliahan semester satu, tiga dan lima.

Drajat melanjutkan bahwa ada perkecualian, dimana program Pendidikan seperti Profesi Dokter Hewan, Dietisien dan Insinyur dapat dilaksanakan secara secara tatap muka pada 31 Agustus 2020. Tentu, pemberlakuan protokol protokol kesehatan sudah ditetapkan oleh Tim Crisis Center IPB.

Beberapa program pembelajaran sarjana  akan melakukan perkuliahan semester 7 secara online sampai selesai UTS. Tatap muka tetap dilakukan untuk praktikum, atau jenis pelatihan tertentu sesuai pembelajaran tiap program studi.

Sedangkan Pascasarjana Program Magister dan semester 4 hingga 5, yang mengambil Program Doktor tetap ada tatap muka untuk kegiatan praktikum atau pelatihan, sesuai protokol pencegahan virus corona. Drajat juga mengatakan bahwa program Masa Orientasi Sekolah juga dilakukan secara daring.

Editor: Shara Nurrahmi

0 Komentar