Kebakaran Gedung SMA 1 Kota Bogor Menguak 4 Fakta Ini - Bogor Channel

Kebakaran Gedung SMA 1 Kota Bogor Menguak 4 Fakta Ini

Bogor, 20 Agustus 2020 - 4 fakta baru terkuak pasca peristiwa kebakaran kemarin. Basement gedung Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Bogor kemarin (19/8/2020) tiba-tiba terbakar. Tepat lokasinya ada di seberang pintu masuk Istana Bogor yang berada di Jalan Ir H Juanda. Namun, hingga saat ini belum diketahui apa faktor penyebab dari terjadinya kebakaran lantai dasar SMAN 1 Kota Bogor. 

Warga sekitar pun heran ketika melihat bahwa terjadi kebakaran disana. Karena, kegiatan belajar mengajar pun masih dilaksanakan secara daring. Jadi, tidak akan ada orang yang berada di sekolah tersebut. Terdapat 4 fakta dari kebakaran yang terjadi pada basement SMA 1 Kota Bogor, yaitu :

Kebakaran Terjadi di Bagian Basement Gudang Penyimpanan Thinner dan Cat

Bambang Aryan selaku kepala Sekolah mengungkapkan bahwa si jago merah melalap sekitar pukul 09.00 WIB. Bagian yang terbakar adalah lantai dasar atau basement sekolah yang digunakan sebagai gudang penyimpanan thinner dan cat. 

Fakta ini diketahui karena terdapat kepulan asap cukup tebal yang diduga muncul dari gudang tersebut. Namun, saat ini kebakaran sudah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran. Meskipun belum tahu pokok penyebab sebenarnya apa sehingga bisa terjadi peristiwa ini. 

Lokasi Dalam Tahap Renovasi

Kepala Sekolah juga menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa dan kerugian benda berharga dalam peristiwa ini. Bahkan, meskipun ada beberapa orang pekerja yang sedang melakukan renovasi tapi semuanya aman. Sama sekali tidak ada korban luka sedikitpun. Jadi, tidak ada kerugian yang berarti disini. 

Mungkin hanya terjadi kerusakan pada beberapa bagian saja yang masih bisa diperbaiki. Kejadian seperti ini mungkin disebabkan oleh konslet listrik secara mendadak. Apapun penyebabnya beruntung bisa langsung diketahui sehingga tidak sampai terjadi kebakaran yang terlalu besar dimana dapat mengakibatkan kerusakan total. Tak menutup kemungkinan dapat memakan korban jiwa. Jadi, musibah yang terjadi pada salah satu bagian sekolah ini masih dianggap tidak masalah.

Basement Juga Biasa Dijadikan Tempat Parkir

Ternyata, lantai dasar atau basement ini biasanya tidak hanya digunakan untuk gudang penyimpanan thinner dan cat saja. Melainkan juga digunakan untuk tempat parkir motor. Tempatnya yang sedikit terbuka memang bisa digunakan untuk apa saja. Dugaan saat ini ditemui titik korsleting listrik sehingga dapat mengakibatkan kebakaran. Titik tersebut dapat dilihat dari asal pekatnya asap setelah dipadamkan beberapa waktu sebelumnya. 

Namun, meskipun sudah ada dugaan tersebut pihak kepolisian akan tetap menyelidikinya lebih lanjut. Agar dapat menemukan alasan pasti dari penyebab terjadinya kebakaran pada basement SMAN 1 Kota Bogor ini. Karena yang ditakutkan adalah ada orang dengan tujuan jahat sengaja ingin membakar sekolah yang berada di Jalan Ir H Juanda itu. 

Pemadam Delapan Unit Kebakaran Dikerahkan untuk Memadamkan Api

Untuk menghindari kebakaran yang semakin parah dan dapat segera dipadamkan, akhirnya pihak pemadam segera mengerahkan delapan unit pemadam. Hal ini disampaikan oleh Ade S selaku Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Kota Bogor. Delapan unit tersebut berasal dari enam pemadam kota dan dua pemadam bantuan dari Kabupaten Bogor. 

Berkat kerjasama delapan tim tersebut dan panggilan yang sesegera mungkin itu membuat si jago merah bisa segera dipadamkan. Meskipun tidak terlalu besar, jika tidak ditangani secepatnya maka dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk. Apalagi jika didalamnya terdapat benda yang bersifat mudah terbakar. 

Editor: Shara Nurrahmi

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda