Museum Perjuangan Bogor dan Sejarah Pertempuran di Kota Hujan - Bogor Channel

Museum Perjuangan Bogor dan Sejarah Pertempuran di Kota Hujan

Semua daerah pasti memiliki sejarahnya masing-masing yang pastinya harus diketahui oleh warga sekitar. Tidak heran jika hampir setiap kota memiliki museum untuk menyimpan cerita sejarah dan bentuk kenangan lainnya. Salah satunya adalah Museum Perjuangan Bogor yang didalamnya terdapat jejak pertempuran yang pernah terjadi.

Tempat ini sudah banyak dikunjungi baik dari masyarakat Bogor sendiri maupun luar daerah. Terutama bagi anak-anak sekolah yang harus mengetahui sejarah. Karena, tidak jarang para generasi muda menganggap remeh perjuangan pahlawan dan kurangnya rasa hormat dan menghargai. 

Mengenang Sejarah di Tempat yang Tepat

Jika sebelumnya beberapa orang hanya mengetahui sejarah dari sebuah cerita yang disampaikan oleh guru, orang tua atau lainnya. Kini dengan adanya museum akan lebih memudahkan semua orang untuk membayangkan bagaimana perjuangan para pejuang terdahulu. 

Museum ini dibangun sejak tahun 1957 yang tujuannya memang untuk tetap mengingat jasa para pejuang bangsa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Tidak mudah memperebutkan wilayah dan mempertahankannya agar Indonesia tetap merdeka dan semua generasi muda dapat hidup tenang hingga saat ini. 

Tak ada tugas lain selain mengenang jasanya dan terus mengingat memori perjuangan mereka melalui tempat bersejarah seperti museum. 

Suasana Perjuangannya yang Masih Kental

Suasana perjuangan yang masih kental bisa dirasakan melalui apa isi museum tersebut dan bangunannya. Pada bagian luar bangunan, terdapat sketsel dengan sisi kiri yang diberi lambang bintang segi lima yang diapit padi dan kapas. Tanda tersebut dipakai oleh Legiun Veteran Republik Indonesia yang mendapat gelar PKRI.

Sedangkan di sebelah kanan sketsel, terdapat lambang Garuda yang diapit oleh bambu runcing dan dikelilingi padi kapas. Tak lupa, terdapat angka 45 di bawahnya sebagai tanda bahwa Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Hal lain yang menambah kentalnya suasana perjuangan adalah benda-benda di dalamnya. Terdapat senapan hasil rampasan dari penjajah yaitu Jepang dan Inggris. Selain itu, ada juga mata uang yang berlaku pada zaman VOC.  Masih banyak lagi peninggalan-peninggalan yang harus diketahui oleh masyarakat luas. 

Terdapat Berbagai Diorama yang Bisa Dilihat Pengunjung

Tak hanya barang peninggalan saja, dalam Museum Perjuangan Bogor juga terdapat berbagai diorama yang menggambarkan tentang pertempuran sengit kala itu. Bahkan pengunjung dapat merasakan kerasnya perjuangan para pahlawan dengan melihat pakaian-pakaian yang masih disimpan. Dimana terdapat sisa noda darah asli dengan dilengkapi daftar nama pahlawan yang gugur.

Beberapa surat atau cetakan edaran pun dapat dibaca oleh pengunjung. Dengan khas bahasanya yang berbeda dari tulisan zaman sekarang. Tulisan tersebut berupa apa yang terjadi pada kala itu dan informasi dari pihak satu ke pihak lain untuk melakukan penyerangan atau perlawanan. 

Lokasi Museum Perjuangan Bogor

Bagi masyarakat yang ingin datang ke Museum Perjuangan Bogor ini bisa datang ke lokasi yang terletak di Jl. Merdeka No. 56 Kelurahan Cibogor, Kec. Bogor Tengah Jawa Barat. Jika dari stasiun Bogor, maka bisa menuju lokasi dengan berjalan kaki saja karena jaraknya cukup dekat. 

Untuk bisa menikmati nostalgia penjajahan 75 tahun lalu, masyarakat hanya perlu mengeluarkan uang Rp5000 setiap orangnya. Biaya yang sangat murah untuk tempat berarti dan bisa dibilang wisata edukasi bagi pelajar dari semua tingkatan. Banyak pengetahuan di dalamnya pasti akan sangat bermanfaat bagi semua orang. 

Editor: Shara Nurrahmi

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda