Bantu Proses Belajar, Kota Bogor Siapkan Wifi Gratis Setiap Kelurahan - Bogor Channel

Bantu Proses Belajar, Kota Bogor Siapkan Wifi Gratis Setiap Kelurahan


Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim berencana bakal menyediakan sarana wifi publik gratis, di 68 kelurahan yang ada di Kota Bogor. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi keluhan masyarakat selama ini, dampak dari diberlakukannya pembelajaran daring.

Wacana pemasangan wifi tersebut saat ini tengah dalam pembahasan. Bahkan sejumlah instansi terkait, tengah merumuskan untuk pola pemasangannya. "Yang pasti ini sedang kita matangkan untuk konsepnya. Apakah nanti dipasang di setiap kantor kelurahan, atau di balai warga," katanya, Jumat 7 Agustus 2020.

Tak hanya diperuntukkan untuk para pelajar, wifi publik tersebut nantinya bisa digunakan bagi masyarakat. Khususnya untuk mereka yang berkecimpung di dunia Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). "Nantikan bisa juga dimanfaatkan untuk para UMKM, yang sedang fokus berjualan secara online," singkatnya.

Disinggung soal anggaran, Dedie mengaku belum bisa memastikan apakah anggaran pemasangan wifi publik ini bakal diambil dari pis anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) atau dari pos anggaran lainnya. "Anggarannya dari mana masih kita rumuskan, apakah pakai BTT atau kita ambil dari pos anggaran lain. Kita tunggu saja hasil kajiannya nanti seperti apa," papanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor, Rahmat Hidayat mengaku sempat membahas wacana ini. Bahkan pihaknya juga siap, jika memang kebijakan ini bakal diterapkan dalam waktu dekat. "Hal ini sudah kita bahas, dan sedang kita matangkan dengan sejumlah instansi terkait," ucapnya.

Rahmat mengaku belum bisa memberikan gambaran secara rinci kaitan teknis penerapan kebijakan ini. Hal tersebut lantaran masih dalam proses pematangan lintas sektoral.

"Kita belum bisa bicara banyak. Yang jelas kita harus kaji dulu, apakah bisa menggunakan BTT atau nunggu di anggaran perubahan. Kita juga masih matangkan, apakah wifi publik ini akan dipasang di kantor kelurahan, di balai warga atau seperti apa," tukasnya.


Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda