Ombudsman Temukan Tata Kelola Kawasan Kampung Arab Bogor Berpotensi Maladministrasi

BAGIKAN



Ombudsman RI lakukan investigasi atas prakarsa sendiri pada penataan kawasan Kampung Arab di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hasilnya, Ombudsman menemukan sejumlah potensi maladministrasi pada kawasan tersebut. Temuan itu diantaranya, tidak terdatanya jumlah imigran, pekerjaan informal Warga Negara Asing (WNA), status kepemilikan terhadap aset tanah.

Hingga tidak adanya izin pendirian bangunan dan tempat usaha yang tak sesuai, serta administrasi anak hasil kawin campur.

Menurut Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala, Pemerintah Kabupaten Bogor harus mengambil langkah pembenahan.

“Jika tidak, maka dapat berpotensi maladministrasi yaitu tindakan pembiaran.

“Juga dapat berpotensi maladministrasi berupa tindakan pengabaian kewajiban hukum,” tambahnya pada 30 Juli 2020, sebagaimana KabarLumajang.com kutip dari situs resmi Ombudsman.

Berkaitan dengan temuan itu, Adrianus mengatakan belum terdapatnya data pasti mengenai jumlah imigran.

Berdasarkan temuan Ombudsman, aparat setempat mengaku kesulitan melakukan pendataan dikarenakan para imigran yang sering berpindah-pindah.

Ombudsman yang menyoroti dugaan penyelundupan hukum, misalnya, ditemukan ketidaksesuain secara administratif terkait sertifikat dengan kepemilikan tanah atau aset

Selain itu, terdapat WNA yang bekerja di sektor informal. Sementara, menurut Adrianus, hal itu tak sesuai dengan ketentuan berlaku mengenai tenaga kerja asing.

Investigasi Ombudsman lainnya, belum terdapat pembuatan akta kelahiran, identitas anak, dan administrasi kependudukan lainnya untuk anak kawin campur.

Terkait sejumlah temuan di atas, Ombudsman menyarankan kepada Bupati Bogor terkait keberadaan WNA dan pendataan imigran secara terpadu.

Serta, mulai melakukan pendataan dan pelaporan setiap bangunan dan tempat usaha yang dimiliki asing.

”Pemkab Bogor agar segera melokalisir dan menyediakan tempat penampungan bagi para imigran,” tutupnya.

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,61,Berita,1162,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,165,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,265,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,70,Pemkot,8,Pengumuman,46,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,8,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Ombudsman Temukan Tata Kelola Kawasan Kampung Arab Bogor Berpotensi Maladministrasi
Ombudsman Temukan Tata Kelola Kawasan Kampung Arab Bogor Berpotensi Maladministrasi
https://1.bp.blogspot.com/-SvldLn_G_zU/XyXm_F0tJRI/AAAAAAAAErw/XWVyCjnRS2oudKJuz9a2BhOZdLFVuwajgCLcBGAsYHQ/s640/Kampung%2BArab%2BCisarua%2BBogor.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SvldLn_G_zU/XyXm_F0tJRI/AAAAAAAAErw/XWVyCjnRS2oudKJuz9a2BhOZdLFVuwajgCLcBGAsYHQ/s72-c/Kampung%2BArab%2BCisarua%2BBogor.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/08/ombudsman-temukan-tata-kelola-kawasan.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/08/ombudsman-temukan-tata-kelola-kawasan.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin