Tak Perlu Jauh-jauh, Ini 5 Wisata Gratis di Bogor - Bogor Channel

Tak Perlu Jauh-jauh, Ini 5 Wisata Gratis di Bogor


Tak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk berwisata. Di Bogor, masih ada beberapa wisata gratis untuk dicoba kalau nanti sudah dibuka kembali. Berikut 5 rekomendasinya.

Berlokasi tak jauh dari Jakarta, Bogor sering jadi tujuan warga untuk berwisata melepas penat. Masih ada lho tempat wisata di Bogor yang tidak memungut biaya.

Dikumpulkan detikcom, Sabtu (22/8/2020), berikut 5 rekomendasinya:

Patung Buddha Tidur

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand, di Bogor ada patung Buddha tidur yang begitu massif. Patung tersebut ada di dalam Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Patung Buddha tidur tersebut dibangun sepanjang 18 meter dengan tinggi 3,75 meter. Sedangkan panjang dipan di bawah patung mencapai 22 meter. Patung Buddha ini digambarkan sedang menggunakan pakaian berwarna emas.

Traveler pun diperbolehkan untuk melihat atau memotret, asal berlaku sopan dan sebisa mungkin posisi memotret tidak membelakangi Buddha serta menutupi bagian kepala Buddha. Vihara buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. Biaya masuknya pun gratis.


Hutan CIFOR

Di Bogor ada spot yang diganderungi para fotografer untuk mengejar RoL alias (Ray of Light). Semburat cahaya matahari yang membentuk garis sinar. Namanya Hutan CIFOR.

Lokasinya di kawasan Dermaga, Kabupaten Bogor, tidak jauh dari terminal Bubulak. Spot ini sebenarnya berupa areal hutan penelitian seluas kurang lebih 60 hektar milik Departemen Kehutanan. Namun karena tidak jauh dari lokasi terdapat kantor Lembaga Swadaya yang bergerak di bidang kehutanan kerap di sebut hutan CIFOR (Centre for International Forestry).

Layaknya hutan, kondisi areal diliputi ribuan pepohonan lebat. Untuk tujuan penelitian ribuan pepohonan ini adalah hasil penanaman di era tahun 1950-an. Ribuan pepohonan besar dan tinggi, kerimbunan dedaunan membentuk semacam atap atau canopy alam.

Traveler tidak dikenakan biaya alias gratis untuk wisatawan dan fotografer. Kecuali, traveler ingin menginap atau mengambil gambar untuk kepentingan profesional. Tempat ini bisa dikunjungi traveler karena sudah buka.


Taman Bermain Lapangan Sempur

Kawasan Sempur dulu dikenal sebagai gelanggang olahraganya orang Bogor. Namun sekarang, kawasan ini sudah jadi satu kawasan olahraga yang bersanding dengan rekreasi, juga kuliner.

Di kawasan ini ada Taman Ekspresi, dengan kegiatan rutin mengadakan pemutaran film-film karya sineas Indonesia. Ada juga tempat untuk bermain anak, panjat dinding, sampai skatepark buat main skateboard.

Untuk menuju ke sini, traveler bisa naik KRL kemudian naik angkot 03 tujuan Sempur. Turun saja di sisi Istana Bogor setelah Jembatan Kebun Raya Bogor ketika melihat lapangan besar buat panjat dinding di sisinya. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan ini, namun pembukaannya tunggu kabar dulu dari pemerintah Bogor. Namun menurut informasi terbaru, lapangan Sempur belum dibuka untuk umum, jadi sabar dulu ya, tunggu buka.


Istana Bogor

Istana Bogor rutin dibuka setiap ulang tahun Kota Bogor, yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Jika sedang dibuka, traveler bisa masuk dan berkeliling serta melihat betapa megahnya bangunan bersejarah ini.

Jika diperbolehkan masuk ke dalam kawasan istana, setiap akhir pekan, wisatawan bisa memberi makan rusa-rusa yang ada di istana ini, dari luar pagar. Kalau cuma berkeliling seputar area istana, tentu traveler tidak akan dipungut biaya.


Kampung Budaya Sindangbarang

Mau tahu tentang budaya Sunda? datanglah ke Kampung Budaya Sindangbarang. Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Desa Pasir Eurih, Tamansari, Bogor.

Secara jarak, Kampung Budaya Sindangbarang terletak tidak jauh dari pusat kota Bogor, sekitar 5 km saja. Usut punya usut, inilah kampung tertua di Bogor.

Sindangbarang sejatinya adalah sebuah Kerajaan Sunda di abad ke-12. Di sana kamu akan melihat berbagai pertunjukan bernuansa Sunda seperti tarian dan pertunjukan musik.

Ada rumah tradisional Sunda Bogor yang terbuat dari kayu, beserta saung yang berfungsi sebagai lumbung padi, pertunjukan Tari Jaipong dan debus. Tiket masuknya gratis, kalau mau menginap baru dikenakan tarif tambahan. Kalau mau melihat berbagai pertunjukan biasanya berlangsung di akhir pekan.

Sumber : Detik

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda