Harapkan Kinerja Efektif, Pusat Pemerintahan Kota Bogor Pindah ke Katulampa - Bogor Channel

Harapkan Kinerja Efektif, Pusat Pemerintahan Kota Bogor Pindah ke Katulampa

Bogor, 1 September 2020 - Baru-baru ini terdengar kabar bahwa pusat pemerintahan Kota Bogor akan segera dipindahkan ke Katulampa. Ternyata hal ini memang telah dibenarkan oleh  pihak Bappeda bahwa terdapat beberapa tim yang akan dipindahkan. Diharapkan dari perpindahan ini akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan efektif. 

Rencana perpindahan yang disampaikan oleh Bappeda ini bahkan telah disetujui oleh semua pihak. Kebetulan sudah ada lahan yang bisa digunakan sehingga rencana ini akan terealisasikan. Mungkin bisa mulai dimatangkan dekat-dekat ini namun tidak terburu-buru agar tidak sampai terkendala masalah apapun. 

Pembentukan Tim yang Harus Dipindah

Hanafi selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor mengatakan bahwa untuk sementara masih merencanakan pembentukan tim saja. Kalau ke arah teknisnya mungkin menunggu semua persiapan matang. Karena, tidak semua bagian pemerintahan yang akan dipindahkan. 

Beberapa tim yang sudah dibentuk untuk pindah ke Katulampa adalah Bappeda, PUPR, BPN, PT SEG, dan Perumkim. Dari semua bagian pemerintahan tersebut diperkirakan memang cocok dengan tempat yang baru nantinya. 

Salah satu yang menjadi pertimbangan pindahnya beberapa bagian pemerintahan tersebut adalah kemudahannya dalam bekerja. Dengan demikian, semua orang yang di dalamnya tidak akan repot dan lebih mudah menyelesaikan semua tugas dan pekerjaannya. 

Menggunakan Lahan yang Dihibahkan DJKN

Terlepas dari itu semua, Ade Sarip Hidayat selaku Sekda Kota Bogor mengatakan bahwa dekat-dekat ini berencana untuk pergi ke kantor DJKN. Tujuan dan maksud pihak pusat pemerintahan Kota Bogor datang kesana adalah untuk mendapatkan kepastian mengenai lahan. 

Karena, memang lahan yang akan digunakan oleh pusat pemerintahan Kota Bogor untuk beberapa tim adalah hasil hibah dari DJKN. Kepastian yang dimaksudkan disini adalah dalam bentuk tertulis bersertifikat. Dengan demikian, semua bentuk rencana bisa dilanjutkan mulai dari pembentukan tim sehingga teknisnya. 

Meskipun DJKN sudah memberikannya kepada pihak pusat pemerintahan Kota Bogor secara lisan, tapi akan lebih kuat jika masalah ini dibuat secara tertulis. Karena, ditakutkan terjadi masalah di kemudian hari. 

Diupayakan Agar Pembangunan Tidak Terganggu

Selain itu, Ade juga berharap agar pihak PT SEG juga dapat membantu dalam proses pembangunan komplek pemerintahan di Katulampa nantinya. Dengan demikian, pembangunan tidak akan mengganggu APBD yang sebelumnya sudah mengalami keanjlokan karena dampak dari mewabahnya COVID-19. 

Tidak hanya untuk PT SEG saja, bagi semua tim yang ada kaitannya dengan pembangunan diharapkan dapat bekerja sama. Bahkan bila perlu diadakan kajian secara mendetail sehingga semua proses mulai dari pembangunan hingga selesai tidak akan terkendala. Mengingat kondisi saat ini belum bisa melakukan semua aktivitas dengan optimal, tapi sebisa mungkin meskipun masih di masa pandemi tidak akan mengganggu pembangunan. 

Daerah Katulampa Dinilai Lebih Efektif

Semua tim yang dipindahkan memang sudah dibicarakan, tujuannya agar beberapa bagian pusat pemerintahan yang pindah bisa komplek. Dalam artian, tugas mereka saling berkaitan sehingga semua tugas dan pekerjaannya lebih mudah terselesaikan. Apalagi tugas terpenting pihak pemerintahan adalah melayani masyarakat. 

Tentu saja, mereka berharap dengan adanya perpindahan ini masyarakat juga merasa diuntungkan dan dimudahkan. Oleh karena itu, mengapa semua tim  yang sudah ditunjuk untuk pindah itu diminta saling bekerja sama mulai dari pembangunan tempat barunya. Mulai dari kapasitas ruangan hingga fasilitas apa saja yang nantinya akan dibutuhkan oleh para pekerja dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan. 

Editor: Shara Nurrahmi

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda