Banjir Terjang Kampung di Kabupaten Bogor, 2 Jembatan Putus, Warga Lari ke Perbukitan

BAGIKAN



Kampung Citalahab Sentral RT 03/09 Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diterjang banjir pada Kamis (3/9/2020) malam. 

Bencana ini pun mengakibatkan sedikitnya lima rumah warga terendam, serta dua jembatan penghubung antar kampung ikut putus karena terbawa arus sungai. 

"Iya betul (2 jembatan putus dan 5 rumah terendam), karena hujan deras yang cukup lama mengakibatkan Sungai Cikaniki di sana meluap," kata Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/9/2020).

Adam merinci, lima rumah yang terendam itu masing-masing dihuni 5 kepala keluarga terdiri dari 18 jiwa. Di antaranya, sebut dia, rumah milik bapak Asep Saepudin terdiri 3 jiwa, Jaji 4 jiwa, Peri 3 jiwa, Solihin Agus 3 jiwa dan Odi 4 jiwa. 

Dia pun memastikan bahwa dalam kejadian tersebut, tidak ditemukan korban jiwa. Begitu pula tidak ada warga yang mengungsi. Hanya saja, hampir semua barang-barang milik warga rusak akibat air yang bercampur lumpur. Kondisi saat ini, lanjut dia, BPBD Kabupaten Bogor bersama warga sedang melakukan gotong royong pembuatan jembatan darurat.


"Sudah kondusif. Jadi untuk jembatan yang putus itu biasanya memang digunakan untuk ke kebun teh dan bisa dilalui motor. Panjang jembatan diperkirakan 18 meter dan lebar 1,5 meter," ungkapnya. 

Hujan deras sejak sore, malamnya banjir 

Sementara itu, Kepala Desa Malasari menyampaikan bahwa bencana tersebut bermula karena hujan yang cukup deras mulai pukul 17.00 WIB dan berlangsung hingga malam hari. Warga yang saat itu tengah beristirahat mendadak dikejutkan oleh air sungai yang meluap masuk ke dalam rumah mereka. 

Rumah warga yang memang letak geografisnya berada di bawah kaki Gunung Halimun Salak itu langsung kena dampak banjir. Para warga pun spontan melarikan diri naik ke atas perbukitan.  

"Setengah 9 malam itu air udah naik sampai malam lah, jadi warga saya melarikan diri berunduk-runduk cari aman ke atas," terangnya ketika dihubungi Kompas.com Dia mengungkapkan, kejadian banjir kali ini yang paling parah lantaran telah merusak 2 jembatan sentral di desa tersebut. Jembatan itu juga satu-satunya yang dijadikan perlintasan warga ke tempat berkebun. 

"Duanya hilang cuma satunya jembatan camping ground terbawa arus. 1 lagi penghubung warga. Jadi ada 2 putus," ujar dia. "Jadi inisitaif warga buat jembatan sementara. Karena memang sebelah di perkebunan teh," imbuh dia.

Sumber : Kompas

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,58,Berita,1080,Budaya,18,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,142,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,239,Kriminal,61,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,41,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Banjir Terjang Kampung di Kabupaten Bogor, 2 Jembatan Putus, Warga Lari ke Perbukitan
Banjir Terjang Kampung di Kabupaten Bogor, 2 Jembatan Putus, Warga Lari ke Perbukitan
https://1.bp.blogspot.com/-HtOD9iETOh8/X1LoPxXm46I/AAAAAAAAE_U/evDEqCnndhcTzNZBq0tuZUCF5SJCapcjgCLcBGAsYHQ/s320/Jembatan%2BPutus%2BKarena%2BBanjir%2Bdi%2BKabupaten%2BBogor.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HtOD9iETOh8/X1LoPxXm46I/AAAAAAAAE_U/evDEqCnndhcTzNZBq0tuZUCF5SJCapcjgCLcBGAsYHQ/s72-c/Jembatan%2BPutus%2BKarena%2BBanjir%2Bdi%2BKabupaten%2BBogor.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/09/banjir-terjang-kampung-di-kabupaten.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/09/banjir-terjang-kampung-di-kabupaten.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin