Hujan Es Landa Kota Bogor, Butiran Sebesar Batu Kerikil

BAGIKAN


Hujan es melanda sejumlah wilayah di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/9) petang. Butiran es turun saat hujan yang disertai kilat terjadi selama 30 hingga 90 menit.

Salah seorang warga Kelurahan Semplak Barat, Kecamatan Bogor Barat, Boby Haryono mengatakan butiran es yang turun memiliki besaran 1-2 sentimeter seperti kerikil.

"Sekitar jam 17.30 WIB mau menjelang maghrib, pertama petir dan kilat baru hujan dan angin, kemudian hujan es batu segede kerikil," kata Boby saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (23/9).

Warga Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Aris juga menjumpai fenomena yang serupa. Menurutnya, hujan es yang terjadi sejak pukul 16.00 WIB di tempatnya itu disertai angin yang kencang.

"Hanya sebagian yang hujan di daerah Bogor, seperti Ciomas, Salabenda, dan Bojong. Salah satu bentuk es batunya rata-rata berdiameter 2-3 cm, dan bentuknya macam-macam," kata dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bogor, Hadi Saputra menyebut fenomena hujan es yang terjadi di Kota hujan itu merupakan fenomena sains yang normal terjadi.

"Hujan es terjadi di musim pancaroba, peralihan baik musim kemarau ke hujan dan sebaliknya, syaratnya harus ada awan Cumulonimbus yang banyak tumbuh di Pancaroba sore hari," kata Hadi melalui sambungan telepon dengan CNNIndonesia.com, Rabu (23/9).

Hadi menyebut hujan es terjadi disebabkan air yang terkondensasi di awan. Kemudian saat jatuh ke bawah belum mencair secara sempurna akibat rendahnya suhu di atas awan. Bisa dibilang terjadi pengembunan yang mendadak, sehingga terbentuklah es dengan ukuran variatif.

Menurutnya, peristiwa tersebut hanya bersifat lokal dan tidak merata. Hujan es juga terjadi pada jenis awan berlapis-lapis yang menjulang ke vertikal sampai dengan ketinggian 30 ribu kaki lebih.

"Di atas suhunya sampai minus 100 derajat celcius di dalam awan," ujarnya.

"Dia berbahayanya karena pasti kalau hujan es itu pasti bawaannya ada air kencang dan petir, pasti itu. Tadi wilayah yang kena hujan es sepanjang jalan pohon-pohon tumbang begitu," katanya.Meskipun fenomena hujan es tak begitu mengkhawatirkan, Hadi tetap meminta warga untuk waspada. Menurutnya, fenomena hujan es datang dengan kilat dan angin kencang, yang juga berbahaya bilamana banyak pohon tumbang di jalan.

Sebelumnya, BMKG turut memperingatkan masyarakat soal cuaca ekstrem yang melanda hampir di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jawa Barat. Cuaca ekstrem hujan lebat akan terjadi selama sepekan.

Sumber: CNN

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,61,Berita,1150,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,160,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,265,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,69,Pemkot,8,Pengumuman,46,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Hujan Es Landa Kota Bogor, Butiran Sebesar Batu Kerikil
Hujan Es Landa Kota Bogor, Butiran Sebesar Batu Kerikil
https://1.bp.blogspot.com/-gkmH54dJneQ/X2xqEsj2qsI/AAAAAAAAA-M/w9KBzwBoXIQ50cW0iAq67wmgrmA-ACrAQCLcBGAsYHQ/s320/hujan-es_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-gkmH54dJneQ/X2xqEsj2qsI/AAAAAAAAA-M/w9KBzwBoXIQ50cW0iAq67wmgrmA-ACrAQCLcBGAsYHQ/s72-c/hujan-es_169.jpeg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/09/hujan-es-landa-kota-bogor-butiran.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/09/hujan-es-landa-kota-bogor-butiran.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin