Warganet Ramai Gunung Salak Terbelah, Berikut Penjelasan BNPB

BAGIKAN


Media sosial digegerkan dengan netizen yang menganggap Gunung Salak di Jawa Barat terbelah akibat hujan yang beberapa waktu terakhir terjadi.

Hal ini mendapat tanggapan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang melakukan pengecekan di lapangan.

Setelah pengecekan BNPB menyebutkan jika hal tersebut merupakan salah satu titik longsoran yang dipicu hujan lebat pada Senin 21 September 2020.

Berdasarkan laporan Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW) Gunung Salak 1 pada Kamis 24 September 2020, curah hujan mengakibatkan debit air Sungai Cikedung meluap dan longsoran di bibir sungai.

Kepala BNPB Doni Monardo menjelaskan wilayah yang dipantau adalah Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Hasil identifikasi di lapangan hingga jalur Sungai Cikedung dari hulu atau puncak Salak 3 sampai hilir (Palalangon).


“Luapan Sungai Cikedung juga dipicu oleh rusaknya jalur sungai, seperti pendalaman dan pelebaran jalur sungai, serta kerusakan lain di bagian hilir,” ungkap Don dalam keterangan pers pada Sabtu 26 September 2020.

Beberapa catatan terkait dengan kerusakan yang teridentifikasi yakni tertutupnya akses jalan dari Kampung Palalangon dan Kampung Loji dan longsor di tiga wilayah yang menimpa rumah warga, musola dan jembatan penghubung Palalangan dan Loji.

Sementara pada hasil survei hulu Sungai Cikedung dan Cisereh di puncak Gunung Salak 3 disebutkan terdapat longsoran di sepanjang bibir hulu sungai akibat hujan deras pada Senin lalu. Di samping itu, pada pemantauan saat itu Tim Resort Salak 1 dan Pusat Swaka Elang Jawa (PSSEJ) tidak menemukan adanya bekas penebangan liar.

Bencana longsor akibat fenomena alam, kayu yang dibawa air sungai merupakan longsoran sepanjang aliran sungai. Pada saat kejadian tinggi air sungai dihulu atau puncak Salak 3 cukup tinggi dan air terpecah di lokasi pesawahan dan ladang atau kebun masyarakat.

Pada cuaca normal aliran air sungai sangat kecil, dan akan sangat besar pada saat hujan deras atau ekstrem. Menyikapi hal itu, Doni meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk mengingatkan masyarakat yang berada di bagian bawah dan di sekitar kawasan agar berhati-hati.

“Jangan sampai kena material longsor. Kalau ada yg berisiko, ambil langkah mengungsi selama musim hujan,” katanya.

Pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat sekitar agar waspada dan siap siaga. Terlebih prakiraan BMKG menyebutkan wilayah Jawa Barat termasuk salah satu wilayah dengan potensi hujan lebat yang diikuti dengan petir/kilat dan angin kencang.

Sedangkan pada 28 September 2020, potensi hujan masih dapat terjadi dengan disertai petir atau kilat dan angin kencang. (fp)

Sumber: Mitra Post

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,61,Berita,1156,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,163,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,265,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,70,Pemkot,8,Pengumuman,46,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,7,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Warganet Ramai Gunung Salak Terbelah, Berikut Penjelasan BNPB
Warganet Ramai Gunung Salak Terbelah, Berikut Penjelasan BNPB
https://1.bp.blogspot.com/--kDUjCplWJU/X3Fo1o_JCeI/AAAAAAAAA-s/4Y8XpEfgmtsgve3MlW52dcUTMTRtaOsQgCLcBGAsYHQ/s320/Warganet%2BRamai%2BGunung%2BSalak%2BTerbelah%252C%2BBerikut%2BPenjelasan%2BBNPB.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--kDUjCplWJU/X3Fo1o_JCeI/AAAAAAAAA-s/4Y8XpEfgmtsgve3MlW52dcUTMTRtaOsQgCLcBGAsYHQ/s72-c/Warganet%2BRamai%2BGunung%2BSalak%2BTerbelah%252C%2BBerikut%2BPenjelasan%2BBNPB.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2020/09/warganet-ramai-gunung-salak-terbelah.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2020/09/warganet-ramai-gunung-salak-terbelah.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin