Kabur dari Penjara Selama 1 Bulan, Narapidana Kasus Narkoba Cai Changpan Ditemukan Gantung Diri - Bogor Channel

Kabur dari Penjara Selama 1 Bulan, Narapidana Kasus Narkoba Cai Changpan Ditemukan Gantung Diri



Akhirnya polisi berhasil menemukan Cai Changpan alias Cai Ji Fan. Sayangnya narapidana kasus narkoba tersebut ditemukan dalam  keadaan tak bernyawa.

Cai Chang Pan adalah narapidana dari Lapas Tangerang itu sempat menjadi buronan polisi setelah berhasil kabur. Terhitung lebih satu bulan pengejaran dilakukan sejak diketahui kabur pada Senin (14/9/2020).


Berdasarkan pemeriksaan polisi, Cai Changpan meninggal dunia karena gantung diri. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyatakan, pihaknya menemukan sang buronan dalam keadaan gantung diri.


Cai Chang Pan ditemukan di dalam Hutan Jasinga, Bogor, Jawa Barat sekira pukul 10.30 WIB. Yusri mengatakan, pihaknya bergerak ke hutan Jasinga dan melakukan pencarian. Namun, pihaknya menemukan sang buronan dalam keadaan tak bernyawa.


"Tim bergerak ke Hutan Jasinga, ke tempat pembakaran ban dan memerintahkan tim pencari. Pagi tadi dilakukan penggerebekan dan kita temukan Cai Changpan sudah meninggal dunia," sambungnya dikutip dari Antara.


Belum diketahui secara pasti kronologi Cai Changpan nekat gantung diri.  Atas meninggalnya, Cai Changpan polisi masih mendalami kasus tersebut.


"Saat ini masih kita dalami," kata Yusri.


Seperti diberitakan sebelumnya, Cai Chang Pan melarikan diri dari Lapas Kelas 1A Tangerang melalui gorong-gorong yang dibuatnya, pada Senin (14/9/2020).


Berdasarkan pemeriksaan polisi, gorong-gorong tersebut dibuat dari kamar tahanan selama 8 bulan hingga menembus saluran pembuangan air perkampungan warga di Jalan Veteran, RT 003 RW 4 Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. Tepatnya berada di sebelah kiri pintu gerbang Lapas.


Belakangan diketahui bahwa Cai Changpan menggali gorong-gorong tersebut menggunakan alat perkakas bangunan seperti sekop, obeng hingga pompa air.


Dalam pelariannya, Cai Changpan banyak meninggalkan jejak yang bikin geram polisi. Misalnya ketika terkuak  ternyata Cai Changpan sempat membeli rokok di sekitar lapas


Serta pulang ke rumahnya di Bogor, Jawa Barat. Hal itu terungkap berdasar hasil pemeriksaan terhadap istri Cai Changpan.


Tak hanya itu, dalam pelariannya diduga terdapat petugas yang terlibat. Polisi menemukan tanda-tanda adanya bantuan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Banten.


Yusri menyebutkan dari hasil penyidikan, ada petugas yang diduga kuat membantu Cai Chang Pan dalam membeli mesin pompa air guna mengeringkan lubang galian.


Sumber : Pikiran Rakyat


Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda