Napi Cai Ji Fan Kabur ke Hutan Tenjo Bogor, Warga Resah Takut Berulah - Bogor Channel

Napi Cai Ji Fan Kabur ke Hutan Tenjo Bogor, Warga Resah Takut Berulah



Iwan (31) warga Desa Batok, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat merasa resah dengan kaburnya narapidana (napi) Lapas Klas 1 Tangerang, Cai Changpan alias Cai Ji Fan (53), ke wilayah Tenjo.

Sebab, berdasarkan keterangan kepolisian, napi Cai Ji Fan sempat pulang ke rumah istrinya di wilayah Tenjo, usai berhasil kabur lewat gorong-gorong pada, Senin (14/9/2020) lalu. Iwan mengatakan, kasus napi kabur itu ke wilayah Tenjo Bogor membuat resah warga di desanya.

Karena sampai saat ini pihak kepolisian belum menangkap napi asal China yang telah pindah jadi Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut.

"Kami tentu merasa resah, dengan adanya informasi bahwa napi narkotika yang melarikan diri itu ke wilayah Tenjo," katanya saat dihubungi Jakarta.Suara.com, Jumat (2/10/2020).

Pria yang juga merupakan tokoh pemuda di desanya itu sangat khawatir, jika napi yang kabur itu berulah di wilayah Tenjo Bogor. Ia berharap agar pihak kepolisian segera menangkapnya.

"Kami khawatir takut berulah, soalnya belum tahu keberadaan napi itu. Kita juga meminta alamat istri napi itu tinggalnya di mana, minimal kita bisa mengantisipasi," tukasnya.



Dihubungi terpisah, anggota DPRD Kabupaten Bogor, Daeng Nurdiana meminta sesegera mungkin pihak kepolisian untuk mengungkap di mana napi Cai Ji Fan berada.

Ia berharap kepada petugas yang mencari napi tersebut agar berkoordinasi dengan aparat desa di wilayah Kecamatan Tenjo.

"Saya selaku anggota dewan dapil lima yang juga meliputi Kecamatan Tenjo sangat khawatir, saya meminta agar pihak kepolisian memasang foto napi yang merupakan DPO (daftar pencarian orang) ke setiap desa," ucapnya.

Daeng juga siap membantu untuk menyebar foto terpidana mati kasus narkoba itu yang memang menjadi buronan saat ini.

"Kita siap membantu untuk menyebar foto orangnya. Semoga kepolisian bisa berkordinasi baik dengan pihak kepolisian di Parung Panjang dan pemerintah kecamatan juga, agar tidak ada lagi keresahan di masyarakat, supaya cepat terungkap," tutupnya.

Sebelumnya, Kapolsek Parungpanjang Kompol Suharto yang juga bertugas diwilayah hukum Tenjo mengatakan, untuk lokasi di mana narapidana kabur ia mengaku belum mengetahui.

Karena, mengenai napi yang kabur itu, kata Suharto, untuk teknisnya langsung ditangani oleh tim yang bertugas dalam pencarian tersebut.

"Kalau itu ada tim nya di Tangerang, mengenai lokasi juga kita belum tahu di mananya," katanya saat dihubungi.

Suharto menambahkan, Polsek Parung Panjang tidak memiliki kewenangan khusus terkait kasus napi kabur tersebut.

"Kalau mengenai keterangan lebih lanjut, lebih baiknya ditanyakan ke tim yang mencari, soalnya itu tugas dari tim itu, dan personilnya juga dari sana dan kami tidak ada kewenangan," akunya.

Namun, jika memang tim pencarian napi kabur itu meminta bantuan ke Polsek Parung Panjang yang juga bertugas di wilayah hukum Tenjo, pihaknya siap membantu.

"Tapi kami juga siap membantu, apalagi kita sama-sama kepolisian, mengenai lokasinya itu dilacak oleh tim khusus, tapi kita siap membantu kalau dibutuhkan," tukasnya.

Sekedar informasi, saat ini polisi tengah melakukan upaya pengejaran terhadap napi Cai Ji Fan. Diduga Cai Ji Fan melarikan diri ke dalam hutan di wilayah Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Sumber : Suara

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda