Dua Akses Tol di Bogor Rampung Akhir Tahun ini - Bogor Channel

Dua Akses Tol di Bogor Rampung Akhir Tahun ini

Bogor, 30 Desember 2020 - Pada salah satu wawancara yang melibatkan Wakil Wali Kota Bogor bernama Dedie A Rachim memberikan kesaksian bahwasannya akan ada 2 jalur tol yang akan dibuka sebelum tanggal 23 Desember ini. Hal ini bertujuan untuk menanggapi lonjakan liburan Natal dan Tahun baru nanti.

Wakil Wali Kota Bogor ini menambahkan bahwa sudah ada 2 akses tol yang pengerjaannya telah selesai. Tol yang dimaksud adalah tol BORR seksi 3 hingga Salabenda dan on/off ramp top Jagorawi Bogor Timur kilometer empat puluh dua koma lima area katulampa.

Jalur Tol yang Melayani Libur Natal dan Tahun Baru

Untuk tol BORR seksi 3A sendiri secara fungsional telah melayani libur Natal dan Tahun baru semenjak tanggal 23 sampai dengan 3 Januari 2021. Sebetulnya semenjak awal November kemarin dari tim Kementerian PUPR telah melakukan uji laik operasi. 

Uji laik sendiri adalah sebuah pengujian yang dilakukan oleh suatu badan tertentu yang bertujuan untuk mengetahui suatu kondisi ruas jalan yang nantinya akan dipakai. Ujian itu yang nanti akan menentukan apakah jalan tersebut telah memenuhi syarat kelayakan untuk keselamatan bagi pengguna jalan nanti. Dan pemerintah setempat berharap setidaknya awal atau pertengahan bulan Januari nanti lewat uji ini, surat izin persetujuan serta operasinya dapat penuh.

Pasalnya semenjak awal November kemarin sebenarnya semua orang meminta agar pemerintah pusat dapat dengan segera mengesahkan surat persetujuan mengenai pembukaan tol tersebut. Hal ini juga diharapkan terjadi juga pada Kilometer empat puluh dua koma lima area Parung Banteng Katulampa yang harus segera disahkan demi mengurangi kemacetan nantinya di Kota Bogor.

Dedie juga menambahkan bahwa pintu tol Jagorawi dibuka maka untuk arus lain tidak dapat bertumbuh di area barangnangsiang. Meskipun begitu mereka juga sebenarnya sedang mematangkan akses jalan dari pintu tol ke tol R3, Jl Kolonel Ahmad Syam dan sodetan ke arah Jl penjajaran yang melalui Jalan Permata Villa Duta yang ke arah jalan Widuri dan Jalan Ciheuleut agar masyarakat sekitar Villa dapat menikmati serta memanfaatkan akses toll tersebut.

Jalan Toll BORR yang kini dikelola oleh PT Marga Darana Jabar sebenarnya terbagi menjadi beberapa seksi, yaitu Sentul Selatan-Kedung yang tercatat telah beroperasi pada tahun 2009, kemudian disusun Seksi IIA kedung Halang-Kedung yang dikenal telah resmi pada tahun 2014. 

Yang terakhir adalah Seksi II B kedung Badak Simak Yasmin yang kemudian menyusul juga setelah diresmikan pada tahun 2014 tahun. Empat tahun setelahnya Seksi IIB yang berada di Kedung Badak Yasmin memiliki sebelah koma empat kilometer yang merupakan jalan alternatif untuk mengurangi kecepatan.

Jalan Tol Sebagai Bagian Penting Lintas Daerah

Jalan tol mempunyai nilai investasi dengan cukup baik bagi perkembangan suatu daerah. Jalur ini memiliki masa konsesi selama kurang lebih empat puluh lima tahun semenjak SPMK. Mempunyai Jalan bebas hambatan yang nanti akan diresmikan di Bogor ini juga diharapkan mampu menjadi akses pendukung pada kegiatan kegiatan industri logistik.

Dalam kasus ini, Jalan Tol BORR tidak hanya mendukung kawasan wisata disekitar Kota Bogor seperti wilayah Ciawi dan Kebun Raya Bogor. Namun Jalan Tol ini juga nantinya akan menjajakanmu suatu pemandangan panorama Gunung Slamet.

Sementara itu, disaat pintu keluar dari Tol Katulampa dibuka. Maka diperkirakan hal tersebut akan menguntungkan nantinya. Tidak hanya untuk wisatawan setempat namun juga untuk masyarakat pada umumnya. Keuntungan ini termasuk dari mengurangi beban polusi kendaraan ketika siang terjadi.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda