Di Bogor akan Dibangun Replika Komplek Masjid Al Aqsa - Bogor Channel

Di Bogor akan Dibangun Replika Komplek Masjid Al Aqsa

International Networking for Humanitarian (INH) merupakan sebuah social association yang secara aktif melakukan kegiatan kemanusiaan di Gaza, Palestina. Lembaga ini akan membuat replika dari kompleks dari salah satu masjid paling suci di dunia. Adapun yang dimaksud adalah Masjid Al-Aqsa. Lokasi dari pembuatan replika ini yaitu di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Presiden Direktur INH, Luqmanul Hakim, menjelaskan tentang penyiapan pembebasan lahan yang diperuntukkan sebagai lokasi pembangunan replika komplek Masjid Al-Aqsa. Selain itu, akan dibangun pula Pondok Tahfiz Al Quds Indonesia. Lokasinya yaitu di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur.

Seluruh paparan tersebut dijelaskan dalam webinar yang dilakukan di Bogor pada hari Senin (30/11). Hakim menambahkan, lahan dengan luas yang cukup besar, yaitu kurang lebih 2 hektare itu akan difungsikan sebagai education center. 

Bukan hanya itu, pusat kegiatan umat muslim dengan konsep wisata religi juga akan dibuat pada area yang menyerupai Masjid Al-Aqsa tersebut. Bahkan, para wisatawan akan bisa berjalan-jalan di lokasi yang mirip dengan Kompleks Masjid Al-Aqsa di Palestina yang sesungguhnya. 

Replika yang Dibuat Dengan Muatan Sejarah Suci Kota Al-Quds

Dalam pembuatannya, akan dibangun 5 bangunan utama yang sangat penting dalam kompleks Masjid Al-Aqsa. 5 bangunan itu antara lain Mushallah An-Nissa, Masjid Al-Qibli, Mushalla Al-Marwani, serta Kubah Ash-Shakhrah. Kubah yang terkenal dengan warna emas ini tentu akan menjadi salah satu bagian penting yang cocok untuk berwisata. 

Jadi, orang Indonesia akan dapat belajar tentang sejarah Palestina dan merasakan sensasi berada di masjid suci tersebut. Menurut Hakim, yang telah tinggal 10 tahun di Gaza, kondisi kota tersebut semakin memprihatinkan dan pasti akan membuat banyak warga Indonesia kesulitan untuk ke sana secara langsung. Ya, masa-masa terberat memang dialami penduduk Gaza, sehingga diharapkan warga Indonesia yang beragama Islam dapat tetap merasakan sucinya kota Al-Quds meskipun tidak memiliki akses ke Palestina langsung. 

Indonesia Adalah Sahabat Diplomatik Palestina

Sudah bukan hal baru lagi, Indonesia memang merupakan sahabat diplomatik bagi Palestina. Banyak dukungan Indonesia yang diberikan baik secara de facto maupun de yure terhadap Palestina. Hal inilah yang menggerakkan untuk pembangunan kompleks replika masjid Al-Aqsa segera dibuat. Tujuannya adalah untuk berterima kasih terhadap warga Indonesia yang sangat lantang menyuarakan pembebasan Palestina. 

Dari rencana kompleks replika yang akan dibuat, terdapat fakta unik tentang bangunan ini. Masjid Al-Aqsa merupakan bangunan dengan beberapa masjid yang besarnya mencapai 144 ribu meter persegi dengan lokasi di Al-Quds atau Yerusalem. 

Masjid ini menjadi saksi terjadinya peristiwa besar bagi umat Islam, yaitu Isra’dan Mi’raj. Pada saat itu, Nabi Muhammad yang berasal dari Mekah di Masjidil Haram, sempat singgah di Masjid Al-Aqsa di Palestina sebelum selanjutnya naik ke langit ke tujuh pada peristiwa suci tersebut. 

Itulah mengapa, masyarakat Indonesia yang beragama Islam sangat ingin pergi ke Masjid Al-Aqsa. Karena nilai historis serta filosofis dari bangunan untuk ibadah ini memang sangat besar. Bahkan, tempat ini merupakan bangunan yang sangat suci dalam hati umat Islam. 

Bisa jadi, kerinduan atas keinginan pergi berwisata ke Masjid Al-Aqsa yang belum mudah diakses dapat terobati setelah replika ini bisa dibuat. Antusiasme masyarakat Islam sangat diharapkan agar semakin banyak yang memahami sejarah masjid ini, yang berkaitan dengan sejarah Isra’ dan Mi’raj. 


Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda