143 Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten - Bogor Channel

143 Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten

Bogor, 27 Januari 2021 – Seperti yang sudah diumumkan, bahwa covid 19 akan diadakan vaksinasi dalam waktu dekat dikarenakan vaksin sudah tersedia. Pemerintah pusat dan Pemerintah daerah sedang mempersiapkan semuanya, termasuk pemberitahuan pada masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan bagi semua warga di seluruh daerah di Indonesia agar bersiap untuk mengikuti vaksinasi tersebut berdasarkan petunjuk Pemerintah.

Pemerintah Kota Bogor Laksanakan Vaksinasi

Daerah yang sudah sangat jelas akan dilakukan vaksinasi adalah Bogor Jawa Barat, dimana Pemerintah Kota Bogor sudah siap melaksanakan dan akan dilakukan pada tanggal 28 Januari 2021 mendatang. Kota Bogor menjadi salah satu kota yang utama dan pertama untuk divaksinasi, karena memang daerah ini termasuk dalam salah satu daerah yang sudah memasuki zona merah dalam data penyebaran Covid 19. Artinya, daerah ini memang sangat butuh vaksinasi untuk bisa segera menghentikan penyebaran.

Pemerintah Pusat sudah menunjuk Pemerintah Kota Bogor beserta lokasi yang telah ditentukan untuk bisa segera dilakukannya vaksinasi. Persiapan yang sudah dilakukan antara lain pengajuan dan penetapan tempat-tempat yang dijadikan untuk pelaksanaan vaksinasi, yang diantaranya merupakan pusat fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Serta tenaga kesehatan yang akan menjalani program tersebut, yang juga diambil dari beberapa fasilitas kesehatan tersebut.

143 Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi Akan Dituju

Diinformasikan oleh Pemerintah Kota Bogor, bahwa daerah ini akan melaksanakan vaksinasi pada 143 lokasi yang sudah ditentukan. Lokasi-lokasi tersebut pun segera diberitahukan dan diberi penyuluhan, mengenai kapan dan apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat. Dalam melakukan vaksinasi pada 143 lokasi ini, Pemkot Bogor sudah memperkirakan akan membutuhkan 12800 tenaga kesehatan (nakes).

Bupati Bogor Ade menjelaskan bahwa penentuan 143 lokasi sudah berdasarkan dari ketentuan sebuah tempat yang memenuhi syarat , bukan dipilih disembarang tempat saja. Dimana diantaranya sudah terdaftar 121 fasilitas layanan kesehatan di beberapa tempat, yaitu terdiri dari 101 puskesmas, empat tempat RSUD, satu tempat RSPG dan juga RSAU, serta  7 tempat rumah sakit swasta dan 7 klinik. Selebihnya masih diajukan 22 tempat sisanya adalah  rumah sakit swasta, yang sudah direncanakan menggunakan beberapa rumah sakit swasta yang sudah diajukan ke Dinas Kesehatan dan sedang dipertimbangkan.

Pencanangan Pada Hari Pertama Vaksinasi

Begitu tempat atau lokasi sudah diketahui dan waktunya pun sudah ditentukan, maka pada saat pelaksanaan hari pertama akan dilakukan pencanangan yang bertempat di Puskesmas Cindamala, Kecamatan Sukaraja Bogor.

Dimana pada saat pencanangan tersebut, wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan merupakan orang pertama di Kabupaten Kota Bogor tersebut yang akan divaksinasi sesuai dari pengarahan pelaksanaan vaksinasi ini. Setelah itu, menyusul 9 orang berikutnya yang berasal dari seluruh pemuka agama dan juga berasal dari forum kerukunan Umat Beragama (FKUB). 

Bahkan, setelah itu akan dilanjutkan oleh tenaga kesehatan medis yang merupakan orang-orang yang nantinya akan terus berhadapan dengan para pasien covid 19 tersebut. Barulah setelah itu, dimulainya vaksin untuk masyarakat sekitar Bogor tersebut yang memang adalah fokus utama pada program ini.

Program ini memang akan dimulai perdana pada orang-orang yang banyak bertanggung jawab besar dan berhadapan dengan masyarakat luas, selain memang pelaksanaan vaksinasi diutamakan untuk seluruh masyarakat Indonesia. oleh karena itu, diharapkan kerjasamanya pada seluruh masyarakat terutama warga Kota Bogor yang akan segera melakukan vaksinasi tersebut untuk bisa mengikuti program ini dengan sebaik-baiknya. 

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda