Akhir Bulan Berlaku Tarif Baru Tol Bogor Ring Road - Bogor Channel

Akhir Bulan Berlaku Tarif Baru Tol Bogor Ring Road

Bogor, 28 Januari 2021 - Perubahan tarif tol Bogor Ring Road akan mulai berlaku pada 30 Januari 2021, pukul 00.00 WIB. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri PUPR No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Bogor Ring Road.

Selain perubahan tarif tol BORR, pada saat yang sama juga Seksi III A Jalan BORR (Simpang Yasmin – Simpang Semplak). juga akan mulai beroperasi.

Perubahan ini menunjukkan peningkatan dari segi harga. meski demikian, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar, Dedi Krisnariawan Sunoto, mengklaim hal yang positif dari perubahan ini. Pihaknya mengatakan bahwa pemberlakuan tarif tersebut berkenaan dengan keseimbangan antara kemampuan membayar tol dan pengembalian investasi yang kondusif.

Dedi juga berharap dengan perubahan tersebut akan meningkatkan Standar Pelayanan Masyarakat (SPM) dan peningkatan pelayanan.

Berikut ini tarif yang akan berlaku pada jalan tol Bogor Ring Road bersamaan dengan terbukanya Seksi III A (Simpang Yasmin – Simpang Semplak).

1. Perubahan Tarif Tol BORR Segmen Sentul Senayan – Simpang Semplak (Seksi 1-2.B+3.A)

Perubahan untuk golongan 1 yaitu yang awalnya 10.000 rupiah, berubah menjadi 14.000 rupiah. untuk golongan 2, tarif tol yang awalnya hanya 15.000 naik hingga 6.000 rupiah menjadi 21.000 rupiah. Perubahan bagi pengguna tol golongan 3 masih sama dengan golongan w. Untuk golongan 4 perubahan yang terjadi cukup signifikan, awalnya tarif tol untuk golongan ini ialah 20.000, pada akhir Januari nanti akan menjadi 28.000 rupiah.

2. Tarif Tol Bagi Segmen Cibadak – Kayu Manis (Seksi 3.A)

Tarif Tol Bogor Ring Road untuk pengguna pada segmen ini cukup terjangkau. Tarif seharga 5.000 rupiah akan berlaku bagi golongan 1. Bagi golongan 2 dan 3 tarif yang berlaku sama-sama seharga 7.500 rupiah. Untuk Golongan 3 dan 4, tarif yang harus golongan tersebut bayarkan senilai 10.000 rupiah.

Tentang Jalan Tol Bogor Ring Road

Jalan tol BORR ini memiliki panjang jalan keseluruhan 13,8 Km. Jalan tol ini merupakan sebuah jalan alternatif yang membentang dari Sentul Selatan hingga Salabenda.

Apabila terperinci secara jelas, sebagai berikut. Untuk seksi 1 yang menghubungkan Sentul dan Kedung Halang terbentang jalan sepanjang 3,85 km. Pada Seksi 2A yang menghubungkan Halang hingga Kedung Badang, terbentang jalan yang memiliki panjang hingga 1,95 km. 

Selanjutnya, Seksi 2B yang menghubungkan Kedung Badang hingga Simpang Yasmin memiliki panjang hingga 2,65 km. Untuk seksi terbaru yakni 3A menghubungkan Simpang Yasmin hingga Simpang Semplak memiliki panjang hingga 2,85 Km.

Selain keempat seksi tersebut, rencananya PUPR akan membangun lagi seksi 3B. Seksi ini akan memiliki panjang hingga 2,5 Km. pengerjaannya sendiri kemungkinan akan mulai terlaksana pada 2022. Seksi ini akan membentang dari Simpang Semplak hingga Junction Salabenda.

PT. Marga Sarana Jabar mengungkapkan bahwa pihaknya tidak pernah berhenti meningkatkan pelayanan pada Jalan Tol Bogor Ring Road. Pihaknya mengklaim kini pembayaran dapat terlaksana secara lebih efektif. Seperti dengan terdapatnya Simpang Susun Sentul yang terintegrasi dengan Jagorawi. Pengemudi kini hanya perlu membayar transaksi sekali melalui gerbang tol Sentul barat.

Alasan pemberlakuan tarif baru untuk beberapa ruas jalan Tol BORR ialah karena beberapa pertimbangan. Pertimbangan tersebut seperti jenis konstruksi Seksi 3A adalah konstruksi yang memerlukan biaya lebih tinggi daripada seksi lain. Nilai yang cukup fantastis hingga 4-5 kali daripada konstruksi at grade.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda