Tersisa 31 Orang Pasien Covid-19 di RS Lapangan - Bogor Channel

Tersisa 31 Orang Pasien Covid-19 di RS Lapangan

Bogor, 22 Februari 2021 - Jumlah pasien di RSL Kota Bogor cukup meningkat selama masa pandemi. Apalagi, banyak orang yang semakin terpapar dan akhirnya menjadi pasien Covid-19. Meskipun PSBB telah ditetapkan, namun masih ada beberapa pasien yang membutuhkan perawatan. 

Namun, angin segar tampaknya mulai muncul manakala pasien semakin menurun jumlahnya. Itu berarti pandemi ini bisa dikatakan berangsur berkurang. Meskipun tentu harus lebih dianalisis kembali apakah jumlah di rumah sakit lain juga berkurang. Akan tetapi, tentu hal ini membawa suatu informasi positif bagi masyarakat Indonesia. 

Jumlah Pasien Menurun Jadi 31 Orang Pada Hari Minggu

Pada Minggu (21/02) pagi, terdapat 39 orang pasien Covid-19 yang masih berada di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kota Bogor. Namun pada sore harinya jumlah pasien tersebut berkurang sekitar 48,43 persen atau berjumlah 31 pasien.

Dr. Armein Sjuhari Rowi, juru bicara dari Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor pada Rabu malam membeberkan jumlah pasien secara keseluruhan. Berdasarkan data, dari jumlah keseluruhan 31 pasien yang dirawat, terdapat pasien laki-laki yang berjumlah 11 orang.

Ruang rawat inap di lantai 3 menjadi tempat perawatan bagi para pasien laki-laki. Sedangkan para pasien wanita yang berjumlah 21 orang, menempati ruang rawat inap yang berada pada lantai 2 RSL tersebut.

Sedangkan sisanya, berjumlah 8 tempat tidur yang berada di ruang Instalasi Gawat Darurat lantai 1. Dari total keseluran pasien Covid-19 yang berada di RSL Kota Bogor terdapat pasien yang berasal dari luar daerah Kota Bogor.

Pada Minggu (21/02) sore, dikabarkan dari total 31 pasien Covid-19 yang ada, terdapat 23 pasien dari Kota Bogor. Selain itu terdapat 15 pasien dari Kabupaten Bogor dan sisanya yang berjumlah 3 pasien berasal dari luar daerah Bogor.

Fasilitas yang tersedia di RSL Kota Bogor

Dr. Armein mengatakan bahwa semua pasien yang berada pada RSL Kota Bogor saat ini merupakan pasien dengan gejala ringan. Secara keseluruhan, RSL Kota Bogor memiliki 64 tempat tidur. 

Pada ruang rawat inap laki-laki dan perempuan yang berada di lantai 2 dan lantai 3 seluruhnya memiliki 28 tempat tidur. Seluruh ruangan yang berada pada lantai 2 dan 3 RSL Kota Bogor merupakan ruang rawat inap dengan tekanan negatif.

Kriteria Pemulangan Pasien Covid-19

Menurut penjelasan dari Dr. Armien, pasien bisa dinyatakan sembuh jika surat pernyataan selesai pemantauan telah dikeluarkan. Surat tersebut dikeluarkan berdasarkan penilaian dari pihak dokter yang bertanggung jawab atas pelayanan di rumah sakit. 

Selain dengan adanya surat tersebut, pasien Covid-19 dinyatakan sembuh jika semua kriteria selesai isolasi telah terpenuhi.

Menurut Dr. Armien, pasien APS dapat keluar dari rumah sakit meskipun belum dinyatakan sembuh. Juru Bicara Rumah Sakit Lapangan Kota Bogor tersebut mengatakan, pasien Covid-19 bisa menempati RSL setelah terkonfirmasi positif Covid. Pasien yang dirujuk dari rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lain yang berada di kota bogor bisa menempati rumah sakit ini.

Rumah sakit lapangan kota bogor ini bisa menampung pasien penderita Covid-19 jika pasien tersebut sudah memiliki surat keterangan terkonfirmasi positif Covid-19 yang ditunjukan melalui tes swab PCR yang dilakukan pada rumah sakit yang ditempati sebelumnya.

Harapannya, pasien akan bisa pulang kembali ke rumah setelah sehat. Sehingga, pandemi ini bisa benar-benar hilang dari Indonesia.  

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda