Vaksinasi Sistem Drive Thru Bagi Lansia Kota Bogor - Bogor Channel

Vaksinasi Sistem Drive Thru Bagi Lansia Kota Bogor

Pemerintah Kota Bogor mempersiapkan beberapa puskesmas dan rumah sakit yang dijadikan tempat pelaksanaan vaksinasi untuk lansia Kota Bogor. Rencananya, pemerintah juga menggunakan fasilitas drive thru yang bertempat di GOR Pajajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. 

Memang pelaksanaan vaksinasi drive thru ini telah terlaksana di beberapa daerah, sesuai dengan arahan yang dikeluarkan oleh Kemenkes. Lansia mendaftarkan dirinya terlebih dahulu melalui aplikasi kesehatan daring, untuk menjalani vaksinasi drive thru. 

Vaksinasi tersebut akan memakai mobil dan motor dalam pelaksanaannya, berikut ini rangkuman berita vaksinasi lansia drive thru. 

Rencana Menggunakan Drive Thru untuk Vaksinasi 

Sri Nowo Retno selaku Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor mengungkapkan tentang vaksinasi lansia Kota Bogor sistem drive thru. Berdasarkan keterangannya, vaksinasi lansia drive thru tersebut akan terlaksana di GOR Pajajaran, hari Rabu (17/03) mendatang. 

Kepala Dinkes Kota Bogor mengatakan ada beberapa titik yang menjadi basis fasilitas kesehatan, seperti puskesmas, rumah sakit, dan drive thru. Vaksinasi drive thru sendiri dilaksanakan untuk mengurai kepadatan yang ada di puskesmas. 

Pendaftaran Melalui Aplikasi Kesehatan Daring 

Para lansia Kota Bogor bisa mendaftarkan dirinya lewat aplikasi kesehatan Halodoc, untuk mendapatkan vaksinasi sistem drive thru. Seperti yang sudah terselenggara sebelumnya di DKI Jakarta, vaksinasi drive thru di Kota Bogor akan dilaksanakan dengan mobil atau motor. 

Penggunaan mobil atau motor dalam vaksinasi lansia sistem drive thru, berdasarkan dari keterangan Kepala Dinkes Kota Bogor. Sebelumnya, layanan vaksinasi drive thru di Jakarta membuat para lansia tidak perlu turun dari kendaraannya. Terdapat empat pos pada vaksinasi lansia sistem drive thru di JIExpo Kemayoran yaitu, pos verifikasi, cek kesehatan, vaksinasi, serta yang terakhir adalah observasi. 

Selama observasi, kaca mobil penerima vaksin harus diturunkan, agar petugas mudah melakukan pemantauan. 

Jumlah Lansia yang Terdata dalam Posbindu 

Menurut data kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Puskesmas melalui RW, yang berdasarkan pada nama dan alamat. Data tersebut menunjukkan sejumlah 61.178 lansia telah terdata di Kota Bogor.

Karena jumlah lansia di Kota Bogor cukup banyak, Sri Nowo Retno mengungkapkan pihaknya membutuhkan beberapa titik vaksinasi. Pelaksanaan pemberian vaksin pada lansia di puskesmas, nantinya disesuaikan dengan wilayah masing-masing, begitu juga dengan rumah sakit. 

Kemungkinan, beberapa komunitas lansia akan menjalani vaksinasi massal. Seperti yang sudah terselenggara di Puri Begawan dan IPB International Convention Center (IICC). 

Ada beberapa model yang berbasis fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dengan pendekatan wilayah, rumah sakit. Serta, kemungkinan komunitas bisa dibuat massal, pilihan satu lagi adalah drive thru, hal tersebut berdasarkan pernyataan Kepala Dinkes Kota Bogor. 

Bahkan, Pemerintah Kota Bogor telah mengalokasikan sebanyak 55.000 dosis vaksin untuk diberikan kepada lansia. Dosis vaksin yang nantinya akan diberikan, merupakan tambahan dari 5.500 vial yang telah diterima oleh Kota Bogor, hari Senin (08/03).

Kementerian Kesehatan sudah memberikan arahan bahwa vaksinasi bagi lansia tidak hanya terlaksana di Ibu Kota Provinsi, tetapi daerah juga. Jadi, pemerintah Kota Bogor telah menerima 55.000 vaksin yang diperuntukkan untuk 27.500 orang untuk dua kali suntik. Jadi, vaksin tersebut juga diprioritaskan bagi lansia terlebih dahulu. 

Vaksinasi drive thru lansia Kota Bogor akan dilaksanakan, seperti vaksinasi drive thru yang sudah terlaksana di wilayah DKI Jakarta. Drive thru merupakan salah satu titik berbasis fasilitas kesehatan, selain rumah sakit dan puskesmas. 

Pemerintah Kota Bogor akan melaksanakan vaksinasi drive thru bagi lansia yang rencananya terlaksana pada (17/03) mendatang. 

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda