Pemkot Bogor Uji Coba 73 Sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka


Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pendidikan Kota Bogor menyiapkan sebanyak 73 sekolah untuk melakukan uji coba menjelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang rencananya akan dilangsungkan pada Juli 2021 mendatang.

Seperti yang diberitakan kotabogor.go.id (29/4/2021), sebanyak 73 sekolah yang berasal dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan melakukan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hanya saja untuk waktu pelaksanaannya belum ada tanggal pasti kapan akan dilangsungkan. Hal tersebut menjadi bahan diskusi yang dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) yang dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim di Balai Kota Bogor, Rabu (28/4/2021). Selain itu hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, Kepala Dinas Kesehatan, Sri Nowo Retno, Ketua Dewan Pendidikan dan Kepala Cabang Daerah (KCD) Pendidikan wilayah Jawa Barat.

Pemkot Bogor Ujicoba 73 Sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka.jpg

Dalam kesempatan tersebut, Dedie menyatakan sebelum pelaksanaan PTM dilangsungkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya yang paling dekat ialah perayaan Hari Raya Idul Fitri, dimana banyak masyarakat yang pulang kampung.

Terkait hal tersebut, Pemkot Bogor sudah melakukan pelarangan untuk mudik, karena jika tidak dilakukan pelarangan bisa saja akan terjadi lonjakan kasus baru, yang akhirnya menyebabkan PTM yang sudah direncanakan berlangsung Juli 2021 mendatang akan gagal dilaksanakan karena Kota Bogor kembali masuk ke dalam zona merah.

“Jadi, tidak serta merta Juli semuanya bisa melaksanakan pendidikan tatap muka, perjuangan dan usaha kita semua inilah yang menentukan. Tujuannya dan target utamanya adalah menyelenggarakan pendidikan tatap muka pada bulan Juli 2021 dengan segala syarat pelaksanaan dan kondisi dengan status paling tidak sudah turun zona kuning,” jelas Dedie.

Karenanya, dibuatlah skenario Pemkot Bogor untuk bisa menyelenggarakan pembelajaran tatap muka pada Juli 2021, tidak bisa dilupakan harus dimulai dari mana. Dalam dunia pendidikan pun, semua unsur harus lebih paham bahwa ini merupakan perjuangan berat Pemerintah Kota untuk mengembalikan Kota Bogor ke zona yang lebih aman. Dalam FGD juga dibahas mengenai teknis saat PTM dilangsungkan.

“Bagaimana dalam satu kelas pembelajaran dilaksanakan, berapa orang yang boleh masuk ke dalam kelas, kemudian berapa durasi pembelajaran. Semua teknis itu kemudian akan menjadi patokan kita,” tambahnya.

Pemkot Bogor Ujicoba 73 Sekolah untuk Pembelajaran Tatap Muka 1.jpg

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi menjelaskan dari 73 sekolah yang akan diujicoba tersebut diantaranya 37 sekolah SMP dan 36 sekolah SD yag mana semuanya berasal dari sekolah negeri maupun swasta yang berasal dari 6 kecamatan yang ada di Kota Bogor.

“Kita akan mengupayakan secepatnya sebelum bulan Juli, ujicoba akan dilakukan. Kami belum bisa tentukan kapannya,” kata Hanafi.

Hari Ini Pemprov DKI Terapkan Sistem Pembelajaran Tatap Muka dan Daring di Sekolah.jpg

Kegiatan PTM ini memang baru dilakukan pada tingkat SD dan SMP saja, untuk tingkat PAUD belum direkomendasikan hanya diminta melakukan uji coba untuk Kelas B yang akan masuk ke tingkat SD, tapi pelaksanaannya tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hanafi mengatakan, Disdik Kota Bogor akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Satgas COVID-19 Kota Bogor dan stakeholder lainnya dalam menyambut PTM pada Juli mendatang. Tidak hanya didalam sekolah, namun juga saat siswa diluar sekolah. Hanafi juga mengatakan yang terpenting dalam uji coba PTM ini juga harus berdasarkan izin dari orang tua siswa masing-masing, ia juga menegaskan pihak sekolah tidak boleh memaksa para siswanya untuk mengikuti kegiatan pra-PTM di Kota Bogor ini.

“Karena kan kita tidak tahu kondisi kesehatan anak itu. Saya minta PTM ini dipersiapkan. Saya minta izin orang tua kalau tidak diizinkan tidak dipaksa,” pungkasnya.

Sumber: PingPoin

0 Komentar