Pemkab Bogor Kucurkan Rp 250 Miliar untuk Menata Kota Cibinong, Simpang Sentul Jadi Jalan Searah - Bogor Channel

Pemkab Bogor Kucurkan Rp 250 Miliar untuk Menata Kota Cibinong, Simpang Sentul Jadi Jalan Searah


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengucurkan anggaran Rp 250 miliar untuk penataan kawasan ibukota yakni Cibinong.

Rencananya, penataan akan dilakukan dengan tiga langkah perbaikan infrastruktur yang diberi nama City Beautification Project.

"Di tahun ini kita akan fokuskan pada penataan Cibinong Raya," kata Bupati Bogor Ade Yasin dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Adapun tiga perbaikan infrastruktur yang didanai oleh anggaran daerah itu pertama, penataan jalur pejalan kaki (pedestrian) sepanjang 832 meter di Jalan Ediyoso kawasan Stadion Pakansari.

"Di sana akan difokuskan menjadi pusat kuliner (sentra bisnis)" ujarnya.

Yang kedua, lanjut Ade, kawasan Tegar Beriman akan menjadi pusat perkantoran. Dan terakhir, kawasan Simpang Sentul hingga Simpang Kandangroda akan menjadi akses olahraga untuk masyarakat.

"(Manfaatnya) masyarakat bisa berjalan kaki, jogging, dan aktivitas lainnya, sedangkan titik Jalan Raya Bogor-Jakarta, disiapkan untuk menunjang penataan Cibinong Raya dan Kecamatan Citereup," ungkapnya.

"Penataan ini juga mengembangkan potensi yang ada, di antaranya Kebun Raya Cibinong yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Sentul International Circuit Center (SICC)," imbuh Ade.

Ade menjelaskan, penataan kawasan tersebut tidak lebih dari sekadar menata, tetapi juga demi mewujudkan integrasi antarmoda angkutan yang membuat nyaman perjalanan.

Selain itu, penataan ini juga untuk mengurai kemacetan di kawasan Sentul. Dengan kata lain, pihaknya akan memberlakukan sistem satu arah (SSA) di Bundaran Tugu, Simpang Sentul.

Sistem satu arah tersebut dilakukan dalam upaya mendukung program penataan City Beautification Project.

Keputusan untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas itu diambil oleh Polres Bogor dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor.

"Saat ini di Bundaran Tugu Simpang Sentul sedang dilakukan penataan. Kegiatan proyek masih terus berjalan dan progres pelaksanaan juga berjalan baik," ucapnya.

Ade berharap, dengan penerapan sistem satu arah di Simpang Sentul, arus lalu lintas yang biasanya macet menjadi lancar. Kendaraan yang akan mengarah ke Bogor, Jakarta, Cibinong dan Babakan Madang diputar satu arah dan tidak ada perpotongan lajur jalan.

Bagikan info ini

Silakan tulis komentar Anda