Waspada Penipuan Berkedok Bakti Sosial Mengatasnamakan Sekda Kota Bogor


Hati-hati, modus penipuan yang mengatasnamakan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah beredar melalui pesan Whatsapp. Adapun modusnya menawarkan program bakti sosial bantuan kepada warga kurang mampu.

Kepala Bidang KIP Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor Abdul Manan Tampubolon mengatakan temuan ini berawal dari laporan rekan Syarifah.

"Penjelasan awalnya ini ada laporan dari beberapa rekan sama kolega bu Sekda yang mempertanyakan keaslian info ini. Menurut bu Sekda ada yang melaporkan ada kalau temennya dapet Whatsapp dari seseorang yang tidak dikenal tapi mengaku sebagai bu Sekda," kata Manan, Kamis (19/8/2021).

Dalam pesannya, orang tersebut menawarkan ikut program bakti sosial untuk membantu warga yang kurang mampu. Kemudian, meminta uang untuk ditransfer ke nomor rekening yang diberikan.

"Dia (penipu) menyampaikan ada kegiatan untuk bakti sosial bantuan untuk warga yang tidak mampu gitu dan meminta untuk transfer ke rek yang disampaikan penipu ini. Temenya bu Sekda yang mempertanyakan ini bener gak? karena nomornya bukan yang dipakainbu asekda dan dari bahasa bukan bahasa yang biasa digunakan bu Sekda," jelas Manan.

Atas kejadian ini, pihaknya meminta agar masyarakat atau siapapun yang mendapat pesan serupa untuk tidak percaya. Jika kembali ditemukan, agar mengabaikanya dan melapor ke aplikasi SiBadra.

"Ini masih didalami ini orangnya siapa, motifnya seperti apa. Penjelasan awal seperti itu. Mudah-mudahan belum ada korban tertipu," pungkasnya.

Sumber: Okezone

0 Komentar