Ngeri! Tim Terpadu Temukan Tempat Pembuangan Limbah B3 Ilegal

BAGIKAN

 
 

Tim terpadu penangganan pencemaran Sungai Cileungsi yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Polres Bogor, dan Kodim 0621 menemukan lahan pembuangan linbah bahan, berbahaya dan beracun (B3) padat ilegal di wilayah Kecamatan Klapanunggal.

Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLH Kabupaten Bogor Endah Nurmayanti mengatakan, kasus temuan lahan pembuangan limbah B3 padat ilegal ini akan diserahkan langsung ke Polres Bogor.

"Kasus temuan lahan pembuangan limbah B3 padat ilegal ini kami limpahkan ke Unit Tindak pidana tertentu (Tipiter) Polres Bogor, untuk pihak yang membuang limbah B3 padat ilegal maupun pemilik lahan terancam pasal pasal 1 angka 14 Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman maksimal penjara 3 tahun dan denda maksimal Rp3 miliar," kata Endah kepada Inilah, Kamis (19/9/2019).

Dia menambahkan, limbah padat B3 ilegal ini kuat dugaan ikut mencemari Sungai Cileungsi yang airnya menghitam dan mengeluarkan bau busuk karena lahan pembuangan limbah B3 ilegal ini berada sangat dekat dengan Sungai Cileungsi.

"Lokasi pembuangan limbah B3 padat ilegal ini kan berada di tebing dan jaraknya 10-20 meter dari pinggir Sungai Cileungsi, kalau hujan bisa saja limbah B3 tersebut terbawa ke Sungai Cileungsi," tambahnya.

Endah menjelaskan, limbah B3 padat yang dibuang secara ilegal bisa berdampak negatif kepada kesehatan masyarakat sekitarnya mulai dari sesak napas hingga kanker.

"Kalau dampak negatif limbah B3 padat itu tergantung jenisnya ada yang korosis, beracun dan lainnya. Jika masyarakat menghirup dan menyentuhnya dalam beberapa lama maka beberapa waktu kemudian bisa mengalami sakit seperti sesak napas, pusing hingga kanker," jelas Endah.

M pria 54 tahun warga sekitar yang mengurus lahan pembuangan limbah B3 padat ilegal mengaku tidak tau kalau sampah yang dibuang oleh beberapa pabrik tersebut merupakan bahan beracun dan berbahaya.

"Sudah 10 tahun lebih saya mengurus lahan pembuangan limbah B3 padat ilegal ini, tetapi baru kali ini saya tau kalau itu beracun dan membahayakan mahluk hidup," ungkap M.

Dia menuturkan dari pemilik lahan dirinya hanya diberi tugas menata pembuangan limbah B3 padat ilegal, setiap harinya ia mendapatkan upah dari supir pembuang limbah berbahaya tersebut.

"Upah menata limbah B3 ilegal tersebut hanya Rp55 ribu per hari dari supir truk ataupun satu pabrik, sisa kebutuhan saya dipenuhi dengan menjual domba pekiharaan maupun oleh anak-anak saya," tutur kakek tujuh orang cucu ini.

M melanjutkan dulunya lahan pembuangan limbah B3 ilegal merupakan legok atau lembah, namun setelah belasan tahun diurug dengan tanah dan limbah pabrik akhirnya menjadi bukit.

"Kalau luas lahan kabarnya ada tujuh hektare namun yang baru dipakai untuk membuang limbah B3 ilegal tidak lebih dari 10 ribu meter persegi atau satu hektare," lanjut M.
 
 
 
(Reza Zurifwan/inilahkoran)

KOMEN

Nama

Acara,109,Artikel,61,Berita,1162,Budaya,19,Cenderamata,13,Gereja,22,Hotel,20,Kabupaten,165,Kaleidoskop,1,Kesehatan,1,Kota,265,Kriminal,62,Kuliner,70,Lalu Lintas,1,Masjid,40,Peluang Usaha,17,Pemerintah,70,Pemkot,8,Pengumuman,46,Pura Wihara Klenteng,8,Resep,3,Rumah Sakit,7,Sejarah,5,SIM Keliling,4,SPBU,9,Tips,2,Travel Agent,4,Usaha Sampingan,4,Video,13,Warga Bogor,8,Wisata,115,Wisata Alam,22,Wisata Belanja,14,Wisata Hiburan,15,Wisata Pendidikan,13,
ltr
item
Bogor Channel: Ngeri! Tim Terpadu Temukan Tempat Pembuangan Limbah B3 Ilegal
Ngeri! Tim Terpadu Temukan Tempat Pembuangan Limbah B3 Ilegal
https://1.bp.blogspot.com/-XjxsEj0eeEs/XYWsXsFxQ3I/AAAAAAAADMs/-5XsLAsJbqY1zVgm2TKki6KXa7B_oJbfACNcBGAsYHQ/s640/image_750x_5d8355b2b628b.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XjxsEj0eeEs/XYWsXsFxQ3I/AAAAAAAADMs/-5XsLAsJbqY1zVgm2TKki6KXa7B_oJbfACNcBGAsYHQ/s72-c/image_750x_5d8355b2b628b.jpg
Bogor Channel
https://www.bogorchannel.com/2019/09/ngeri-tim-terpadu-temukan-tempat.html
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/
https://www.bogorchannel.com/2019/09/ngeri-tim-terpadu-temukan-tempat.html
true
487565626958994874
UTF-8
Memuat Semua Pos Tidak ditemukan post apa pun LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTS Lihat Semua REKOMENDASI UNTUK ANDA INFO ARSIP PENCARIAN SEMUA POST Tidak ditemukan post sesuai permintaan anda Kembali Ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mgu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober Nopember Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM INI DIKUNCI LANGKAH 1: Bagikan. LANGKAH 2: Klik tautan yang Anda bagikan untuk membuka kunci Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode disalin ke papan klip Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin