Cek Fakta: Belum Terima Bantuan, Ibu 3 Anak di Bogor Terpaksa Makan Terigu Goreng

Judul Pertama Berita:

Belum Terima Bantuan, Ibu 3 Anak di Bogor Terpaksa Makan Terigu Goreng

Pemerintah tengah mengebut penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19. Namun, hingga sekarang masih saja ada masyarakat yang lolos dari 'jaring' pengaman sosial pemerintah.

Leni (30), warga Kampung Totopong RT05/01, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor salah satunya. Ibu tiga anak ini harus bertahan di tengah kesulitan akibat pandemi. Demi bertahan hidup, dia terpaksa menggoreng terigu campur gula agar perut anak-anaknya terisi.

Meski Leni memiliki suami yang bekerja sebagai kuli bangunan di Jakarta, namun sudah lama tidak mengirimkan uang, alih-alih pulang untuk mengunjungi Leni dan anak-anaknya.

Leni mengaku, memakan terigu digoreng dengan dicampur sedikit gula, hanya untuk sekedar mengganjal perut dari rasa lapar. Terkadang, Leni memanfaatkan singkong pemberian tetangga untuk santapan sehari-hari.

"Suami sudah lama enggak pulang dan enggak kirim uang juga. Saya terpaksa bikin tembleg terigu (terigu goreng) untuk mengganjal perut anak saya yang lapar," katanya.

Menurutnya, bantuan pemerintah pun tidak pernah sampai di kediamannya. "Belum ada bantuan. Sampai saat ini belum datang juga. Kami butuh sekali," kata Leni.

Sumber: merdeka

Cek Fakta: Tidak Benar Ada Warga Kelaparan Cuma Makan Tepung di Bogor

Kapolres Bogor saat menengok warga Kampung Totopong RT 05/01, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Mereka tidak mengalami kelaparan.

Informasi warga kelaparan dan hanya makan tepung di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor beredar luas di media sosial, Kamis (21/5/2020).

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy mengatakan pihaknya telah menelusuri kebenaran berita tersebut dan diketahui bahwa informasi yang beredar adalah tidak benar alias hoaks.

"Kami melalui Kapolsek Cijeruk bersama Muspika telah melakukan pengecekan terhadap pemberitaan tersebut dan didapati bahwa apa yang diberitakan tersebut adalah tidak benar," ujar Roland.

Dia mengatakan keluarga yang diberitakan merupakan warga Kampung Totopong RT 05/01, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor tidak mengalami kelaparan.
"Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan bersama bahwa keluarga yang diberitakan merupakan keluarga yang terdata menerima dana bantuan dari Dinas Sosial dan sudah tersalurkan dengan baik sesuai alokasinya," ungkap Roland.

Klarifikasi: tautan

0 Komentar