Kenapa BSU Belum Masuk Rekening? Cari Tahu Penyebabnya Disini


Banyak yang bertanya kenapa Bantuan Subsidi Upah (BSU) belum masuk ke rekening padahal status penerima sudah "Tersalurkan"? Mari kita cari tahu penyebabnya.

Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab dana BSU belum masuk ke rekening milik Anda.

Sebelumnya sebagai informasi, status penerima BSU ada tiga tahapan yaitu Calon, Ditetapkan, dan Tersalurkan.

Jika status Anda sebagai penerima BSU adalah "Tersalurkan", maka seharusnya menerima notifikasi dana BSU sudah ditransfer ke rekening Bank Himbara masing-masing.

Adapun Himbara merupakan kependekan dari Himpunan Bank Milik Negara. Bank Himbara terdiri atas beberapa Bank diantaranya yaitu Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

Khusus untuk Anda yang bekerja di wilayah Aceh, BSU dapat dicairkan melalui Bank Syariah Indonesia.

Akhir-akhir ini banyak yang merasa bingung karena dana BSU belum juga ditransfer ke rekening. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber terpercaya, berikut merupakan alasan yang mungkin menyebabkan BSU belum ditransfer ke rekening.

  • Cek kembali rekening Bank Himbara milik Anda, sebab mungkin sudah non aktif atau dinyatakan unvalid oleh bank tanpa Anda ketahui.
  • Identitas pada rekening Bank Himbara milik Anda harus ditinjau kembali. Pastikan identitas pada rekening dan KTP sudah sesuai.

Lebih lanjut terkait penyaluran BSU lewat Kantor Pos, pencairannya harus menggunakan QR Code. Jika Anda masih bingung dari mana QR Code tersebut didapatkan, simak penjelasan berikut ini.

Untuk mendapatkan QR Code sebagai syarat pencairan BSU di Kantor Pos, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Verifikasi status penerima BSU lewat aplikasi Pospay.

Untuk mendapatkan QR Code pencairan BSU, download dulu aplikasi Pospay. Lakukan verifikasi status penerima BSU dengan menekan tanda (i) yang muncul setelah aplikasi dibuka.

Pilih tanda Kemnaker (Kementerian Ketenagakerjaan) kemudian lakukan verifikasi dengan data dari KTP. Jika NIK yang diinput terdaftar sebagai penerima BSU, maka QR Code akan muncul.

Jika Anda sudah menerima notifikasi dari PT Pos Indonesia sebelumnya namun setelah dicek melalui Pospay tidak muncul QR Code, biasanya butuh beberapa kali percobaan sampai data Anda akhirnya terverifikasi. 

Namun jika sudah dicoba berkali-kali dan data Anda tidak muncul, maka lakukan pengecekan ke Kantor Pos secara langsung.

2. Kunjungi perusahaan tempat Anda bekerja terakhir kali.

Melansir Antara, pencairan BSU dilakukan juga melalui komunitas atau pencairan dilakukan secara kolektif di perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus mengunjungi perusahaan tempat bekerja terakhir kali untuk mendapat QR Code pencairan BSU di Kantor Pos.

Biasanya perusahaan memberikan surat pernyataan yang menjelaskan bahwa Anda merupakan penerima BSU. Nah, di dalam surat inilah QR Code untuk pencairan tertera.

Nantinya, QR Code tersebut tinggal ditunjukkan kepada pertugas Kantor Pos untuk melakukan pencarian BSU.

Sumber:" Pikiran Rakyat
 

0 Komentar